Quote dari Zig Ziglar ini adalah salah satu self-reminder favoritku.
Kenalan dulu yuk, Sisters!
Aku, Yessie Natasia Mareti, lebih akrab dipanggil Echie, adalah seorang perempuan yang menjalankan multi-peran dan pekerjaan dalam keseharian. Peran utamaku adalah sebagai seorang istri dan ibu dari satu anak perempuan yang berusia 5 tahun. Sedangkan peranku lainnya antara lain: womanpreneur yang menjalankan beberapa bidang usaha, business atau entrepreneurship mentor dan speaker pada berbagai online platforms, dan aktif di komunitas-komunitas. Penting sekali bagiku untuk menjaga keseimbangan pikiran dan badan, demi kelancaran segala hal. Olahraga, istirahat yang cukup, dan asupan makanan serta minuman yang sehatlah kuncinya.
Dengan latar belakang keluargaku yang sebagian besar adalah vegan, serta mempunyai intoleransi terhadap gluten dan dairy products, aku dan adikku sering sekali mengolah makanan dan minuman berbahan dasar nabati dan bebas gluten untuk dikonsumsi sekeluarga. Tidak hanya membuat desserts and drinks, tetapi kami juga bereksplorasi untuk memasak main course. Hal ini sudah berlangsung sejak aku masih di bangku SMP, namun aku dan adikku tidak mempunyai rasa percaya diri dan tidak berpikir akan menjadikan ini sebuah ladang usaha yang menghasilkan bagi kami.
Sejak tahun 2020, Pandemi COVID-19 membuat masyarakat Indonesia menjadi lebih peduli terhadap kesehatan. Menyediakan makanan atau camilan yang hanya berfokus pada rasa saja tidaklah cukup untuk masa sekarang ini. Makanan nikmat haruslah selaras dengan kandungan gizi yang terkandung didalamnya. Banyak sekali manfaat kesehatan yang terkandung dalam makanan dan minuman yang berbahan dasar nabati dan bebas gluten. Maka dengan mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut, merupakan salah satu upaya untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, kenyataan pahitnya adalah jumlah penyedia makanan dan minuman berbahan dasar nabati dan bebas gluten di Indonesia masih sangat sedikit jumlahnya.
Kondisi tersebut memunculkan ide yang out-of-the-box, yaitu membuka usaha dalam bidang kuliner dengan nama YORRI Eatery. YORRI menyediakan makanan dan minuman yang sehat dan lezat berbahan dasar nabati (vegan) dan bebas gluten (gluten free). Menggunakan bahan baku dari petani dan perkebunan lokal, sehingga YORRI turut berkontribusi untuk memberdayakan usaha lokal Indonesia. Dari segi kemasan, kami menggunakan produk ramah lingkungan (eco friendly) yang bebas dari plastik seperti craft paper box dan goodie bag dengan bahan spunbond yang dapat digunakan kembali sehingga meminimalisir jumlah sampah plastik.
Mengganti produk hewani dengan bahan nabati yang bermutu dan bergizi tinggi serta turut menjaga kelangsungan hidup hewan. Mengingat melimpahnya produsen produk berbahan dasar hewani di masa sekarang. Maka, berdasarkan latar belakang ini, dengan mengkonsumsi produk YORRI, konsumen turut berkontribusi untuk menjaga kesehatan mereka, berpartisipasi dalam kelestarian lingkungan serta turut andil dalam kelangsungan hidup hewan.
Produk unggulan YORRI Eatery saat ini adalah Vegan dan Gluten Free Banana Bread yang tersedia dalam 5 varian rasa, yaitu:
Bahan baku utama Banana Bread tentunya adalah buah pisang. Pisang yang kami gunakan berasal dari salah satu perkebunan lokal di Jawa Timur. Pisang adalah buah yang selalu disediakan di meja makan oleh mama sejak aku masih kecil, setiap hari, tanpa absen. Selain itu, pisang memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh kita. Jadi, itulah alasan kuat mengapa YORRI menggunakan pisang untuk produk utama yang ternyata menjadi unggulan dan digemari.
Kelima varian Banana Bread YORRI bekerjasama dengan brand lokal sebagai supplier bahan baku utama. Beberapa produk dari brand lokal yang mendukung YORRI sejak awal berdiri hingga saat ini adalah Cassava Flour dari Ladang Lima, Vanilla Bean Paste dari La Dame In Vanilla, Cocoa Powder dan Nibs dari Minangkakao, Stevia Sweetener dari Tropicana Slim dan bahan lainnya yang semuanya dibuat oleh brand lokal Indonesia.
YORRI Eatery juga memiliki produk lainnya seperti brownies, cookies, madeleines, selai dan YORRI Drinks. Jadi, penjualan dalam sebulan tidak hanya berasal dari produk unggulan saja, melainkan dari produk-produk lainnya juga.
Everything goes digitalized nowadays, so does YORRI Eatery!
YORRI Eatery bergerak secara aktif di Instagram dengan username yang mudah diingat, yaitu @yorrieatery. Kami menggunakan semua fitur yang ada di Instagram dengan tujuan untuk menjadikan Instagram sebagai virtual display untuk customers dan followers YORRI Eatery. Instagram tidak hanya kami gunakan sebagai media berjualan atau promosi, melainkan kami membangun engagement sehingga tercipta brand community yang solid. Menurutku, dari data yang ada, brand community YORRI Eatery telah terbentuk. Kami pun mempunyai panggilan kesayangan untuk customers dan followers di sosial media kami, yaitu #YORRIFamily dan #YORRIFriends. Fungsi dari Instagram untuk YORRI Eatery adalah sebagai media branding, marketing, selling serta continuous educational contents yang berkaitan dengan healthy lifestyle. Fitur-fitur di Instagram yang kami gunakan secara konsisten antara lain Feed, Stories, Highlights, Reels dan Live.
Bagaimanakah bisnis model yang dilakukan YORRI Eatery? Serta dimana sajakah sales channel-nya?
Bisnis model yang dilakukan oleh YORRI adalah Business to Customer (B2C) dan Business to Business (B2B). Kami menjual kepada end-user (customer) dan pelaku bisnis lainnya seperti para reseller. Proses produksi YORRI Eatery adalah home industry yang telah mengantongi NIB. Sistem produksi yang kami lakukan terdapat 2 macam, yaitu produksi setiap hari, jadi ada produk yang sudah tersedia (ready stock) dan pembuatan sejumlah sesuai pemesanan (made by order). Sales channel kami terbagi menjadi dua yaitu online dan offline. Yang utama adalah secara online dengan menyediakan layanan untuk melakukan pemesanan melalui Whatsapp serta Marketplace seperti Shopee dan Tokopedia. Sedangkan secara offline, YORRI mengikuti berbagai acara dan bazaar yang ada di Surabaya.
YORRI telah menjual lebih dari 20.000 buah Banana Bread dalam kurun waktu 1 tahun. Respon dan antusias dari konsumen sangat luar biasa. Konsumen lama terus melakukan pembelian berulang (retention) dan angka konsumen baru juga terus meningkat setiap bulannya. Dari traction yang melebihi target awal pada waktu YORRI Eatery berdiri, menunjukkan bahwa bisnis makanan sehat adalah bisnis yang sangat menjanjikan. Selain itu, memberikan kepuasan dan kebahagiaan tersendiri karena YORRI Eatery menyediakan pilihan makanan dan minuman berbahan dasar nabati dan bebas gluten yang relatif lebih sehat untuk keluarga Indonesia.
Rencana pengembangan di tahun 2022 hingga 2023 untuk YORRI Eatery adalah melengkapi berbagai macam legalitas yang diperlukan, memperluas tempat produksi dan menambah peralatan produksi sehingga mampu meningkatkan kapasitas dan melahirkan inovasi produk yang lebih beragam dan konsisten. YORRI Eatery juga mempunyai impian going global yang salah satunya adalah goal untuk menjadikan produk YORRI Eatery menjadi produk oleh-oleh khas Indonesia. Oleh-oleh yang tak hanya lezat, tetapi juga sehat dan berdampak positif baik untuk kesehatan masyarakat, kelestarian lingkungan dan kelangsungan hidup hewan. Dengan mengikuti W20 Sispreneur, aku dan segenap tim di YORRI Eatery yang 90%-nya adalah perempuan, ingin menantang YORRI Eatery supaya #BeraniNaikKelas dan menginspirasi women-owned MSMEs lainnya di Indonesia untuk dapat beradaptasi, bergerak dan berkontribusi secara positif. Pandemi tidak hanya menciptakan permasalahan, tetapi pandemi juga menciptakan kesempatan bagi kita yang tak lelah untuk belajar dan terus mencoba untuk #JadiLebihBaik.