Menurut Philip Kotler, pemasaran diartikan sebagai sebuah proses untuk melakukan penjualan. Proses tersebut terdiri atas pembuatan, penawaran, serta penjualan produk. Baik online atau offline, arti pemasaran sama saja. Yang membedakan hanyalah medianya.
Bagi para pebisnis atau pengusaha, wajib hukumnya mengetahui keuntungan apa saja yang bisa didapat dari pemasaran secara online. Bisa jadi, ini akan menyadarkan para pebisnis bahwa memang pemasaran online lebih efektif dibanding pemasaran offline di era sekarang ini.
Apa saja keuntungan melakukan pemasaran secara online?
1. Hemat Biaya
Biasanya, setiap agensi menawarkan jasa dalam satu bidang atau satu jenis saja, namun beberapa dari mereka pun juga ada yang menawarkan banyak jenis sekaligus. Solusi yang ditawarkan agensi-agensi tersebut sifatnya one stop solution alias hanya sekali bayar untuk keperluan totalitas. Tak seperti pemasaran offline yang mana mengharuskanmu membayar berkali-kali misalnya untuk mencetak brosur, membeli booth, mempekerjakan SPG/ SPB, menyewa tempat, dan masih banyak lagi.
Secara umum, pemasaran offline jauh lebih membutuhkan biaya ketimbang pemasaran online. Ini menjadi satu keuntungan karena bisa menekan modal hingga sekecil mungkin.
Baca juga: 5 Ide Marketing untuk Meningkatkan Pemasaran
2. Sangat Efektif
Di era serba digital seperti sekarang ini, lebih tepat jika menggunakan pemasaran online dalam berbisnis. Karena orang cenderung memanfaatkan internet dalam mencari berbagai kebutuhan.
Misalnya untuk menawarkan produk atau jasa kepada mereka, yang mana memiliki potensi besar untuk menarik daya beli. Hal ini bisa dibuktikan dari salah satu contoh pemasaran online, yaitu pemasaran melalui konten artikel. Melalui konten ini, pebisnis bisa memberi solusi berupa jasa atau produk yang mereka tawarkan. Tak hanya pemasaran dengan konten artikel saja, konten jenis lain atau pemasaran online jenis lain juga sama efektifnya.
Baca juga: Strategi Konten Marketing, Sangat Pas Diterapkan di Era New Normal!
3. Tempat dan Waktu Tidak Terbatas
Pemasaran offline tentunya tak bisa dilakukan di sembarang tempat atau dimana-mana. Pasti ada saja batasan tempat untuk bisa melakukan pemasaran ini. Pemasaran online membebaskan siapa saja untuk melakukan marketing kemana saja, bahkan hingga skala internasional sekalipun.
Pebisnis tak perlu repot-repot datang ke luar negeri untuk sekedar melakukan pemasaran. Karena dengan pemasaran online, pebisnis boleh tinggal di rumah saja untuk bisa melakukan pemasaran hingga penjuru dunia.
Begitupun dengan waktu, siapapun yang melakukan pemasaran secara online bisa melakukannya kapan saja. Baik itu pagi hari, maupun malam hari namun tetap berpotensi sesuai dengan target pasaran yang disubjekkan.
Bahkan, jika suatu perusahaan sudah meraih skala internasional, akan lebih baik jika pemasaran ini dilakukan kapan saja karena ada perbedaan waktu antara belahan bumi satu dengan belahan bumi lainnya.