Hai Sisters! Bagimu yang memiliki usaha kecil menengah, mungkin kamu mulai menyadari pergeseran pola dalam aktivitas perdagangan masyarakat. Sebelumnya, aktivitas jual beli dilakukan secara langsung atau tatap muka. Namun, dengan semakin canggihnya teknologi saat ini, aktivitas jual belipun bisa dilakukan secara online. Penjual hanya perlu memasang produknya di platform jual beli dan konsumen akan menyeleksi produk mana yang sesuai dengan kebutuhannya.
Di satu sisi, fenomena ini menjadikan aktivitas perdagangan semakin kompetitif, siapa yang terus mengikuti perkembangan jaman, maka dia yang akan bertahan. Namun di sisi lain, hal ini juga memberikan kesempatan besar bagi pelaku usaha untuk memaksimalkan pemasaran.
Dengan pemasaran secara online, banyak hal-hal kreatif yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pemasaran. Selain itu, pasar juga semakin luas. Hanya orang yang optimis yang bisa melihat ini sebagai kesempatan besar. Nah, untukmu para pelaku usaha, berikut beberapa ide marketing untuk usaha kecil menengah. Simak yuk!
1. Content Marketing
Konten adalah salah satu solusi terbaik bagimu yang ingin menjangkau pasar yang luas dengan budget terbatas. Menggunakan konten, kamu dapat meginformasikan produk atau jasa yang kamu tawarkan ke banyak orang. Dan tempat terbaik untuk memasang konten adalah dengan menggunakan blog. Kamu dapat membuat blog khusus bisnis yang kamu miliki. Masukkan konten-konten yang berisikan detail mengenai usahamu, misalnya mengenai detail produk yang ditawarkan, manfaat menggunakan produkmu, cara melakukan pemesanan produk, dan berbagai konten seperti artikel-artikel untuk mengenalkan pengunjung dengan produk milikmu, Sisters.
2. Menggunakan Infografis
Infografis adalah suatu konten yang berisikan informasi dalam bentuk grafis. Dibanding konten blog atau artikel, infografis dinilai lebih menarik untuk dibaca. Infografis menyampaikan informasi langsung ke poin-poinnya. Berbeda dengan konten artikel yang juga menyertakan detail-detail informasi. Nah, apabila kamu ingin membuat konten untuk media sosial seperti instagram atau facebook, maka sebaiknya buatlah konten berupa infografis.
Tapi tidak bisa dipungkiri, untuk membuat infografis, kamu perlu memiliki kemampuan desain. Kamu dapat membuat infografis secara instan menggunakan aplikasi gratis yang dapat digunakan secara online atau membayar seseorang yang profesional untuk membuatkannya. Untuk masalah ini, tergantung dengan budget yang kamu miliki, Sisters.
3. Video Marketing
Selain konten, kamu juga dapat menggunakan video untuk mengenalkan bisnismu. Apalagi melihat era saat ini dimana banyak orang lebih suka melihat informasi dalam bentuk audio visual. Video dapat menjadi sarana yang efektif untuk meyakinkan penonton bahwa produkmu benar-benar nyata dan bisa mengatasi masalah yang dimiliki penonton.
Terlebih apabila kamu dapat membuat video yang menarik hingga menjadi viral, maka akan ada banyak orang yang mengenal produkmu, Sisters. Memang dibanding konten blog, pembuatan video membutuhkan usaha dan biaya yang lebih, namun sebanding dengan itu, video juga lebih menarik dibanding dengan blog.
4. Buat Kaos untuk Mengenalkan Bisnis
Nah, strategi marketing lainnya yang dapat kamu gunakan adalah dengan membuat kaos. Pembuatan kaos memang membutuhkan modal yang banyak, tapi apabila kamu yakin bahwa kaos tersebut dapat menyentuh pasar, maka jangan ragu untuk mencoba. Saat ini, banyak kaum pemuda lebih suka menggunakan kaos yang casual namun memiliki desain yang menarik, lho.
Oleh karena itulah, banyak sekali penjualan kaos-kaos di toko-toko online. Dengan pembuatan kaos, kamu dapat mengenalkan bisnis ke banyak orang dengan cara memasukkan informasi bisnis ke dalam desain kaos, misalnya saja brand atau logo. Apabila kaos tersebut dikenakan oleh pembeli, maka secara tidak langsung pembeli tersebut akan mengenalkan bisnismu melalui kaos yang ia kenakan, Sisters.
5. Pemasaran Menggunakan Email
Pemasaran memanfaatkan email dapat menjadi strategi bisnis yang murah sekaligus efektif bagimu, Sisters. Yang perlu kamu lakukan adalah mengumpulkan email pengunjung website sebanyak-banyaknya. Setelah itu, gunakan software untuk mengirimkan pesan email ke semua alamat email pengunjung sekaligus. Pesan tersebut berupa konten yang berisi informasi mengenai produkmu.
Buat konten semenarik mungkin yang membuat pelanggan potensial penasaran dengan produkmu. Dan hindari juga konten yang terkesan memaksa dan melebih-lebihkan produk ya, Sisters.
Nah, gimana, kamu bisa coba kesemua ide ini, atau kamu bisa juga pilih beberapa yang kira-kira cocok untuk kamu jalankan, Sisters. Selamat mencoba dan sukses selalu untukmu ya!