Hai Sisters! Di tengah pandemi Corona seperti saat ini tentunya diperlukan strategi content marketing yang berbeda.
Virus Corona juga menciptakan gangguan yang besar pada ekosistem pemasaran digital dan tidak akan segera hilang dalam waktu yang dekat.
Itulah mengapa perlu dipertimbangkan lagi untuk membuat strategi content marketing yang bisa diterapkan di tengah kondisi seperti saat ini.
Mengevaluasi strategi yang sudah pernah dijalankan harus dilakukan terlebih dahulu sebelum mulai menyiapkan strategi yang baru.
Misalnya, dalam strategi yang lama bisnis yang kamu jalankan melakukan banyak pengeluaran lewat iklan Facebook atau Instagram, maka hal itu perlu dikaji ulang.
Apalagi jika bisnismu termasuk ke dalam industri yang terkena dampak negatif dari Corona misalnya perhotelan, travel, atau transportasi.
Maka, sebenarnya tidak perlu terlalu banyak mengeluarkan dana untuk iklan di media sosial.
Pasalnya, di tengah keadaan seperti saat ini pastinya orang tidak terlalu memikirkan untuk pergi berwisata atau bepergian.
Dana yang digunakan untuk iklan di media sosial itu bisa dialokasikan untuk keperluan yang lain. Namun, bukan berarti kamu tidak perlu melakukan promosi lewat media sosial ya.
Kamu masih bisa terus membuat konten lewat media sosial yang menarik, tanpa terlalu sering melakukan iklan.
Sisters, blogging merupakan salah satu strategi content marketing yang bisa mendukung pertumbuhan bisnis.
Di masa pandemi seperti saat ini blog disebut sebagai salah satu strategi content marketing yang sangat penting.
Lewat blog akan lebih mudah memberikan informasi yang menarik dan edukatif kepada para audience.
Misalnya, memberikan info mengenai cara menghilangkan kecemasan di tengah situasi seperti saat ini. Akan tetapi, pastikan konten yang diberikan tetaplah relevan dengan bisnismu ya.
Meski tidak secara langsung membahas mengenai produk atau layanan dari bisnismu, hal itu tidak masalah.
Pasalnya, dengan memberikan info yang edukatif akan membuat bisnis terlihat sebagai brand yang peduli dengan isu terkini dan perhatian kepada pelanggan.
Jika konten untuk blog bisnismu dibuat sendiri, tentunya tidak akan membutuhkan biaya tambahan. Jadi, kamu bisa memanfaatkannya dengan baik.
Manfaatkan Email
Selain blog, strategi content marketing di tengah pandemi yang bisa dicoba adalah dengan memanfaatkan email marketing.
Dikutip dari Search Engine Journal, ada sekitar 5,95 miliar akun email yang aktif di seluruh dunia. Selain itu, diketahui rata-rata sekitar 17,8% email pasti dibuka oleh penerimanya.
Jadi pemasaran lewat email masih sangat penting dan bisa memberikan dukungan kepada pertumbuhan bisnismu meski di saat yang kurang menguntungkan.
Sebaiknya cobalah untuk menggunakan pendekatan campuran dalam mengirimkan email. Artinya tidak selalu email dengan tujuan penjualan dan pemasaran saja.
Email dengan tujuan bertanya kabar pelanggan juga bisa dicoba. Hal itu akan membuat brand terlihat lebih peka dan menghargai konsumen.
Jadi, sebaiknya jangan dahulu untuk mengirimkan email yang fokus hanya untuk tujuan promo produk atau layanan secara hard selling.
Sebaiknya berikan info yang edukatif, tanya kabar pelanggan, dan memberikan semangat untuk tetap bertahan di tengah pandemi seperti sekarang.
Perbanyak Konten Video
Virus Corona atau Covid-19 memaksa setiap orang harus di rumah dan melakukan physical distancing.
Saat banyak orang harus di rumah saja, biasanya mereka akan lebih banyak menghabiskan waktu dengan menjelajah media sosial, salah satunya adalah YouTube.
Apalagi di bulan April lalu Youtube tercatat sebagai platform media sosial kedua yang paling banyak digunakan hingga 2 miliar pengguna.
Banyaknya pengguna YouTube membuat konten video sangatlah diperlukan untuk semua bisnis.
Itulah mengapa konten video menjadi salah satu strategi content marketing yang paling dibutuhkan di tengah pandemi seperti ini.
Buatlah video yang menunjukkan kepedulian brand kepada para pelanggan. Misalnya membuat konten video yang bertanya keadaan, memberikan semangat, hingga memberikan diskon.
Misalnya bisnismu berkecimpung pada layanan digital marketing, maka bisa membuat video yang memberikan edukasi mengenai strategi bisnis.
Selain itu, ide seperti memberikan webinar gratis juga bisa dilakukan untuk menggaet pelanggan potensial di tengah kondisi ini, Sisters.
Menciptakan Konten untuk Ebook
Digital marketing sangat bergantung dengan konten. Bahkan, konten sudah dianggap seperti raja karena keberadaannya sangatlah penting.
Di tengah pandemi seperti ini juga bisa digunakan untuk menciptakan banyak jenis konten yang lebih kreatif.
Jika selama ini bisnis atau brand hanya fokus membuat konten yang menarik untuk media sosial seperti Instagram atau Facebook saja, kini bisa membuat konten yang lebih dalam.
Misalnya, dengan membuat studi kasus yang bisa dipublikasikan pada ebook atau sejenisnya.
Membuat konten semacam itu memang tidak mudah dan membutuhkan banyak waktu. Akan tetapi, konten seperti itu juga sangatlah berpengaruh.
Apalagi saat masih banyak orang masih harus berada di rumah saja, maka konten yang dalam seperti ini bisa dijadikan bacaan yang berkualitas untuk mereka.
Maka, tidak ada salahnya jika mencoba untuk membuat jenis konten semacam ini untuk menarik audience kan?
Itulah beberapa strategi content marketing yang bisa diterapkan di tengah pandemi seperti sekarang ini. Tetap semangat ya, Sisters!