Berbicara mengenai womenpreneur muda dan inspiratif tidak terlepas dari sosok Michella Ham yang memulai bisnis dari kesulitannya menemukan produk kecantikan lokal yang berkualitas dan terjangkau.
Perempuan kelahiran 4 April 1997 ini memberanikan diri untuk memulai segala sesuatunya bermodalkan dana yang terbatas. Pada awal penjualan pun produknya hanya terjual sekitar 50 produk, tapi kini bisa terjual hingga ribuan perbulannya.
Dikutip dari wawancaranya dengan Parapuan, yuk, simak kiat Michella Ham agar womenpreneur muda dapat meraih sukses membangun bisnis!
1. Disiplin Manajemen Keuangan
Berangkat dari menyisihkan uang saku semasa kuliah, Michella berhasil memutar strategi untuk melipatgandakan modal yang dimiliki.
Menurutnya, fondasi utama dari keberhasilan seorang pebisnis pemula adalah kedisiplinan untuk memisahkan antara keuangan perusahaan dan kebutuhan pribadi.
"Pada fase-fase awal, seharusnya keuntungan bisnis diputar kembali untuk modal dan memperkuat kapital yang kita miliki," terang Michella.
"Jangan tergiur untuk menggunakannya demi kebutuhan pribadi. Meskipun sebagai owner, tetapi kita harus menempatkan diri seperti karyawan yang digaji sesuai kapasitasnya," ucapnya.
Masih berkaitan dengan manajemen keuangan, Michella juga menerapkan kedisiplinan dalam hal biaya pemasaran.
"Dulu, aku mengakali strategi promosi dengan penawaran barter review kepada influencer di media sosial. Modal minim, tapi efektivitas paparannya luas," tambahnya.
2. Berani Mengembangkan Tim Demi Akselerasi Bisnis
Banyak pebisnis pemula yang menunda ekspansi tim dengan alasan efisiensi biaya. Nyatanya, hal ini merupakan keputusan yang sedikit disesali Michella lantaran sempat menghambat pertumbuhan bisnisnya.
"Apa yang aku pelajari adalah ketika bisnis mulai berkembang, dan memiliki cash-flow yang kuat, jangan takut untuk mengembangkan tim demi akselerasi pertumbuhan bisnis secara jangka panjang," ungkap perempuan yang tengah melanjutkan studi magister di Institut Teknologi Bandung ini.
3. Bangun Kedekatan dengan Konsumen
Kompetisi industri kecantikan bukanlah hal yang mudah. Maka dari itu, brand harus menerapkan diferensiasi agar mampu bertahan di tengah sengitnya gempuran kompetitor.
Bagi Michella, brand harus mendengarkan segala masukan dari konsumen dan benar-benar diaplikasikan secara nyata untuk pengembangan kedepannya.
Michella Ham mengakui bahwa brandnya memiliki sebuah komunitas yang mewadahi para konsumen setia untuk terlibat aktif dalam berbagai program serta memberikan kritik dan saran.
4. Eksplorasi Semua Peluang Positif
Michella Ham terus mengeksplorasi berbagai peluang baru untuk memperluas pangsa pasar, termasuk bermitra dengan sebuah perusahaan besar.
Nah, Sisters, itu dia empat kiat sukses ala Michella Ham untuk menjadi pebisnis perempuan muda, terutama di industri kecantikan.
Semoga kita sebagai perempuan muda juga bisa memulai dan menjalani bisnis dengan baik ya, Sisters. Semangat!