Hai Sisters! Dalam menjalankan bisnisnya, kebanyakan pebisnis mungkin hanya berfokus pada upaya memberi pelayanan yang maksimal pada para pelanggannya. Padahal, selain pelanggan, ada komponen lain yang amat penting untuk dijaga hubungannya, yaitu karyawan. Pasalnya, karyawan merupakan salah satu aspek utama yang mampu mempengaruhi keberhasilan sebuah bisnis.
Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh perusahaan dalam meningkatkan hubungan dengan karyawan. Salah satu contohnya adalah memberikan manfaat tunjangan karyawan atau employee benefit. Bahkan, tidak sedikit perusahaan yang menjadikan tunjangan karyawan sebagai bagian integral rekrutmen serta retensi karyawan.
Nah, jika kamu ingin tahu lebih lanjut tentang apa itu employee benefit, keuntungan, cara implementasi, dan contoh tunjangan yang bisa diberikan perusahaan, simak penjelasan berikut ini.
Pengertian Employee Benefit
Employee benefit pada dasarnya adalah suatu bentuk kompensasi, fasilitas, keuntungan, serta kemudahan yang diberikan oleh perusahaan atau pemberi kerja kepada para karyawannya. Pemberian tunjangan tersebut dilakukan karena karyawan sudah bekerja pada sebuah perusahaan dan menjadi bagian atas perjanjian kerja di luar gaji yang secara reguler dibayarkan.
Terkait aturan employee benefit ini, kebanyakan negara sudah menetapkan kebijakan terkait kewajiban pemberiannya oleh perusahaan. Beberapa tunjangan yang wajib diberikan sebagai employee benefit oleh perusahaan pada karyawan ini umumnya berupa asuransi kecelakaan kerja serta jaminan kesehatan.
Untuk di Indonesia, tunjangan yang wajib diberikan oleh perusahaan pada karyawannya mencakup kepesertaan serta pembayaran iuran dari layanan BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan.
Lalu, mengacu pada PSAK 24, pemberian employee benefit dibagi ke dalam beberapa hal, antara lain:
Tentunya, pemberian tunjangan ini tak terbatas pada kompensasi tersebut saja. Tergantung dari kebijakan pihak perusahaan, ada banyak jenis tunjangan yang bisa diberikan pada karyawan sebagai bentuk employee benefit, seperti gratis makan siang, member gym, hadiah barang, dan lain sebagainya. Intinya, benefit ini merupakan bentuk pemberian keuntungan apapun oleh perusahaan agar mampu memberi manfaat kesehatan, kesejahteraan, maupun hidup karyawan.
Pentingnya Memberi Employee Benefit bagi Perusahaan
Di mata para pencari kerja, pemberian employee benefit oleh perusahaan merupakan daya tarik yang membuatnya ingin menjadi salah satu karyawan di sana. Di samping itu, untuk karyawan yang telah bekerja di sebuah perusahaan, pemberian tunjangan tersebut menjadi alasan untuknya terus bertahan dan semangat bekerja secara produktif.
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, perlu dipahami jika perusahaan juga harus menjaga hubungan dengan para karyawannya. Sebab, baik karyawan dan perusahaan sama-sama saling membutuhkan agar bisa mencapai target bisnis secara optimal. Di samping itu, perusahaan juga merupakan tempat kerja untuk karyawan agar bisa mencapai kesejahteraan hidupnya beserta keluarga.
Karena itu, demi menjamin peningkatan hubungan sikap saling membutuhkan tersebut, perusahaan sebaiknya menyediakan program employee benefit ini. Dengan begitu, pihaknya bisa menjaga loyalitas dan komitmen karyawan dalam bekerja, meningkatkan peluang mendapatkan SDM berkualitas, serta menambah value sebagai sebuah perusahaan.
Manfaat Pemberian Employee Benefit
Pemberian tunjangan atau benefit pada karyawan tak seharusnya hanya dilihat sebagai pengeluaran belaka oleh perusahaan. Namun, dengan banyaknya manfaat yang diberikan, employee benefit bisa dianggap sebagai investasi jangka panjang yang menguntungkan. Berikut adalah sederet manfaat yang bisa didapatkan perusahaan melalui pemberian tunjangan karyawan.
Manfaat pertama dari memberi tunjangan karyawan adalah meningkatkan komitmen pekerja dalam menyelesaikan tanggung jawabnya dengan lebih maksimal. Hal ini terbukti dari sejumlah survei yang menunjukkan jika adanya tunjangan mampu menjadikan karyawan lebih bersemangat, fokus, serta produktif saat bekerja. Alhasil, kinerja perusahaan juga akan terdorong dan menumbuhkan pemasukannya.
Tak hanya komitmen serta kinerja, loyalitas karyawan juga akan terjaga saat mendapatkan employee benefit. Kompensasi di luar upah pokok akan menumbuhkan pemikiran jika perusahaan sangat menghargai tenaga, waktu, dan kemampuan karyawan selama bekerja. Hal tersebut juga bisa menjadi sarana untuk meningkatkan kesejahteraan hidup sehingga loyalitas pekerja terhadap perusahaan mampu meningkat.
Saat loyalitas karyawan terjaga, tingkat retensi perusahaan sudah pasti akan meningkat. Pun kemungkinan terjadi turnover akan menjadi kian rendah. Penyebabnya tidak lain karena karyawan akan ragu untuk resign dan melewatkan segala employee benefit yang didapatkannya dari perusahaan.
Selain itu, tunjangan karyawan juga bisa menjadi sarana untuk meningkatkan nilai perusahaan di mata para pencari kerja. Karena menawarkan berbagai benefit di luar gaji pokok, sudah pasti perusahaan akan lebih banyak dicari oleh job seeker. Kemungkinannya untuk mendapat SDM berkualitas dan kompeten juga akan menjadi lebih tinggi.
Di sebuah perusahaan, karyawan yang resign pasti akan menimbulkan kekosongan posisi pada operasional kerjanya. Mau tidak mau, perusahaan harus melakukan rekrutmen dimana aktivitas tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Belum lagi biaya edukasi dan risiko kerugian akibat kompetensi pekerja yang belum mumpuni juga harus ditanggung perusahaan.
Nah, pengeluaran tersebut bisa dihilangkan oleh perusahaan saat mampu menjaga karyawannya agar tak resign. Salah satu caranya adalah dengan menyediakan employee benefit ini, Sisters.