Sisters, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjadi lebih produktif dalam berkarier. Salah satunya adalah dengan membuat daftar pekerjaan yang harus dilakukan. Namun ternyata hal itu juga tak mudah untuk dilakukan. Terkadang saat sudah mengikuti jadwal, masih saja ada hal-hal yang membuat diri tidak produktif dalam melakukan pekerjaan.
Salah satu penyebab kurangnya produktivitas adalah karena tekanan pekerjaan. Sebuah studi yang dirilis oleh The British Medical menyatakan stres pada lingkungan kerja dapat diminimalkan melalui manajemen waktu yang efektif, Sisters.
Jika kamu merasakan kekurangan waktu untuk mengerjakan suatu hal, dilansir melalui Business Insider mari intip tujuh cara yang dilakukan para profesional sukses untuk membuat waktumu lebih produktif!
Merencanakan kegiatan keesokan hari sebelum tidur malam menjadi hal yang perlu dilakukan untuk produktivitas kerja. Dengan adanya rencana yang jelas, kamu tidak akan memilliki free time saat bekerja, karena kamu telah merancang hal-hal apa saja yang perlu kamu lakukan untuk hari ini. Dengan manajemen waktu yang efektif, kamu bahkan bisa saja menyicil pekerjaan untuk hari-hari selanjutnya, Sisters.
Sisters, ketika kamu bangun lebih awal, kamu akan memiliki lebih banyak waktu untuk merencanakan dan mengatur kegiatan yang akan dilakukan. Menyelesaikan tugas-tugas dalam daftar to-do-list lebih awal dapat membebaskanmu dari pekerjaan yang menumpuk seharian, lho!
Sisters, tentukan tujuan utama karier dalam jangka panjang. Alasan utama orang merasa kehilangan jejak saat meniti karier adalah karena mereka tidak memiliki tujuan atau sasaran yang jelas, lho, Sisters!
Sisters, saat bekerja, gangguan-gangguan kecil sering kali datang memecah konsentrasi. Bentuknya pun beragam, mulai dari menggunakan media sosial, mengobrol dengan rekan kerja yang kadang jadi terlalu lama, hingga berbagai gangguan lainnya.
Tanpa disadari hal-hal tersebut jika terlalu sering terjadi dapat mengganggu produktivitasmu. Oleh karena itu penting kontrol diri untuk membatasi gangguan-gangguan tersebut agar tetap fokus pada tugas yang sedang kamu kerjakan.
Sisters, kamu sering mendapatkan begitu banyak email spam, pemberitahuan, dan pembaruan? Menghapus surel yang masuk, jika jumlahnya semakin banyak tentu membutuhkan waktu. Belum lagi kamu juga harus memilahnya.
Hal tersebut jika terus dibiarkan saja, lama-kelamaan akan mengganggu waktumu yang seharusnya dapat dialihkan untuk melakukan kegiatan yang lebih produktif. Oleh karena itu untuk mencegahnya, baiknya segera lakukan detoks email dan berhenti berlangganan ke spam yang tidak perlu. Jadi waktumu saat mengecek email pekerjaan tidak terganggu.
Sisters, ternyata mendengarkan musik tanpa lirik, misalnya seperti alunan piano atau music scoring dari film favorit dapat membuat diri lebih fokus saat mengerjakan to-do-list yang harus kamu lakukan.
Jangan khawatir jika kamu harus meninggalkan pekerjaan. Alih-alih terus bekerja agar mendapat hasil maksimal. Justru pola pikir tersebut cenderung membuat kita kontraproduktif. Karena untuk hasil efektif kamu perlu menyisihkan waktu untuk beristirahat, Sisters.
Terapkan tujuh cara di atas secara bertahap agar kamu semakin produktif dalam berkarier, ya, Sisters!