Sisters, salah satu cara meningkatkan penjualan toko online adalah dengan cara live atau siaran langsung. Cara ini memberikan kesempatan penjual atau merchant untuk terlibat langsung dengan banyak pelanggan. Juga menjadi cara bagi penjual untuk memamerkan produk, melakukan penjualan, sekaligus mendapatkan audiens atau followers baru di toko online-nya.
Nah, sebagai pemilik online shop atau UMKM, kamu perlu tahu apa saja do's and don'ts berjualan dengan cara live, seperti dilansir dari Wayroo. Simak, yuk!
1. Do's: Buat Perencanaan, Don'ts: Jangan Berlebihan
Cobalah lebih rileks dan buat momen berjualan layaknya percakapan secara langsung.
Meski ingin percakapan mengalir alami, tetap pastikan buat detail produk yang akan kamu jual dengan membuat deskripsi. Dengan begitu, kamu tetap fokus saat berjualan dan membuat calon pembeli pun betah dan tertarik melihat produk yang kamu jual.
Jangan kaku ya, Sisters. Ajukan beberapa pertanyaan menarik sehingga penonton pun aktif berkomentar.
2. Do’s: Berikan Petunjuk, Dont’s: Jangan Anggap Semua Orang Paham via Live
Berikan instruksi yang jelas tentang apa yang harus dilakukan pembeli untuk membeli produkmu, dan ulangi secara berkala agar mereka merasa yakin untuk checkout saat itu juga.
Baca juga: Live Shopping Ramai Pembeli, Simak Tipsnya!
3. Do’s: Berikan Value, Dont’s: Jangan Hanya Menjual
Kesuksesan sebuah bisnis tidak lepas dari hubungan dengan customer, kualitas produk, dan rasa kebersamaan dengan pembeli. Jadi, pastikan bangun relasi dengan penonton atau pelanggan misalnya dengan memberi tips produk, berbagi kisah pribadi, dan kisah sukses orang di balik bisnismu. Kamu juga bisa mengundang langganan tetapmu untuk berbagi testimoni secara nyata.
Semakin banyak koneksi yang dibangun dengan pelanggan, semakin besar juga kemungkinan mereka untuk membeli.
Nah itu dia apa yang boleh dan tidak boleh kamu lakukan saat berjualan secara live. Selamat berjualan secara live, Sisters!