Hai Sisters!
Kamu sudah pernah dengar istilah live shopping? Live shopping adalah aktivitas ketika penjual melakukan siaran belanja secara langsung. Dalam platform yang disediakan, penjual dapat menjelaskan secara langsung produk yang dijual. Konsumen juga bisa memberikan timbal balik dengan mengajukan pertanyaan tentang poduk lebih detail.
Bagi kamu para pelaku usaha, kamu harus tahu keuntungan dari memanfaatkan sistem live shopping, Sisters. Simak ya!
1. Kamu bisa mengukur antusiasme masyarakat terhadap produkmu. Selain itu, penjual juga mendapatkan timbal balik dalam bentuk komentar dan kritikan.
2. Cara belanja seperti ini menciptakan interaksi yang lebih personal antara penjual dengan pembeli.
3. Penjual punya banyak opsi ketika menampilkan produk jualan. Penjual bisa menggunakan tempat atau cerita yang berbeda setiap live shopping. Dengan begitu penonton akan mendapatkan suasana baru dan seru.
4. Konsumen bisa melihat secara langsung barang yang dijual dan bisa menanyakan lebih detail tentang info produk tersebut. Hal ini merupakan sebuah poin plus karena konsumen seringkali hanya bisa menerka-nerka bahan, ukuran, hingga warna produk yang ditawarkan.
5. Live shopping juga membantu bisnismu menjangkau audience lebih luas dan berpotensi meningkatkan jumlah follower. Dengan begitu, akan semakin meningkatkan engagement.
Nah, berikut ini beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan jika ingin menggunakan fitur live shopping. Antara lain:
Misalnya untuk minggu ini adalah thrift shop, maka tujuanmu adalah menjual barang-barang second hand yang berkualitas.
Masukkan konsep kegiatan, jam live, dan jenis produk yang akan dijual. Dengan begitu, konsumen yang akan hadir adalah konsumen potensial.
Selain kamu harus memperhatikan background yang kamu gunakan saat live, penting juga untuk memperhatikan pencahayaan agar konsumen bisa melihat produk dengan jelas.
Hadirkan pengalaman komunikasi yang menarik dengan konsumen. Selain memberikan penjelasan yang cukup, kamu bisa menjalin keakraban dengan jokes-jokes ringan. Jadi kegiatan live shopping tidak akan terasa membosankan.
Kalau usahamu masih terbilang baru, nggak ada salahnya memberikan diskon. Ini juga bisa menjadi kunci untuk sekaligus mengenalkan produkmu. Dengan diskon, orang juga akan ramai berkunjung, Sisters.
Kamu sudah pernah melakukan live shopping untuk produk dan bisnismu, Sisters? Yuk, ceritain pengalamanmu dan share ke Sisternet dalam bentuk artikel dan juga foto-fotonya. Akan ada reward bagi yang tulisannya ditayangkan. Kami tunggu, ya!