Sisters, mayoritas masyarakat akan lebih terdorong untuk melakukan pembelian jika mereka mendapatkan potongan harga. Namun sebagai seorang pebisnis, kamu perlu melakukannya dengan cermat agar tidak merugi.
Lalu apa saja keuntungan dalam menerapkan diskon, khususnya dari sisi sebagai penjual? Simak beberapa diantaranya:
1. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan
Strategi pemasaran yang satu ini pun bisa mendorong pelanggan untuk merekomendasikan produk atau layanan kamu kepada pelanggan potensial lainnya.
Pada akhirnya, kamu akan kebanjiran pesanan dari pelanggan. Memberikan harga diskon dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan volume penjualan dan pendapatan serta laba jangka pendek.
2. Mengurangi Stok Produk
Persediaan produk yang menumpuk pasti akan memakan lebih banyak ruang di gudang sehingga menghalangi stok baru. Dengan diskon, kamu bisa mengosongkan ruangan di gudang tersebut dengan cepat dan tetap mendapatkan keuntungan.
Cara yang satu ini dinilai cukup efektif daripada menyimpan barang yang kurang laku di pasaran dan tetap mempertahankannya dengan harga tinggi.
3. Strategi untuk Memasuki Pasar Baru
Harga diskon dapat membangkitkan minat dan memotivasi pembeli untuk mencoba produk baru yang kamu jual. Dengan begitu, tujuan penjualan kamu akan tercapai melalui strategi penetapan harga diskon.
Namun, perlu kamu ingat bahwa usahakan untuk menetapkan harga diskon yang masuk akal. Jangan memberikan potongan harga yang terlalu besar sehingga kamu mengalami kerugian.
Pastikan untuk tetap mendapatkan keuntungan saat memberikan harga diskon, ya.
4. Meningkatkan Pendapatan
Pelanggan yang bisa memenuhi kebutuhannya dengan harga yang lebih murah pasti akan merasa senang karena dapat menghemat pengeluaran mereka. Pada gilirannya, hal tersebut bisa meningkatkan pengalaman pelanggan yang berbelanja di toko kamu. Mereka juga berpotensi menjadi pelanggan loyal ketika merasa puas dengan kualitas barang dan pelayananmu.
5. Mendatangkan Pelanggan Baru
Hal ini merupakan kabar baik bagi kamu karena masyarakat yang tidak mengetahui merek dan produk atau layanan kamu akhirnya melakukan pembelian. Calon pelanggan yang belum pernah melakukan pembelian karena harga yang terlalu tinggi juga akan diuntungkan.
Ketika menawarkan harga diskon dengan batasan waktu tertentu, kamu dapat menciptakan urgensi dalam benak pelanggan sehingga mereka berlomba-lomba untuk segera melakukan pembelian. Jadi, bersiap lah.
6. Mendorong Pembelian Berulang
Pelanggan baru yang melakukan pembelian tersebut akan mendapatkan pengalaman yang baik saat pembelian maupun penggunaan. Dengan begitu, pelanggan yang merasa puas pun akan kembali lagi untuk melakukan pembelian meski kamu sudah tidak menawarkan potongan harga.
7. Menciptakan Brand Awareness
Brand awareness atau kesadaran merek ini sangat lah penting karena bisa menjadi pertimbangan pelanggan saat melakukan pembelian dan membandingkannya dengan pesaing.
Ketika merek-mu memiliki citra atau reputasi yang baik, maka pelanggan pun akan lebih terdorong untuk membelinya karena mereka merasa percaya dengan kualitas produk atau layananmu.
8. Menciptakan Ekslusivitas
Kamu bisa menawarkan harga diskon kepada pelanggan khusus menggunakan kode unik bagi mereka yang termasuk dalam pelanggan loyal.
Hal ini pun dapat menciptakan kesan ekslusif karena kode diskon yang dipersonalisasi. Apalagi, jika kode diskon yang diberikan hanya dapat digunakan satu kali sehingga menghadirkan kesan unik.
Nah itu dia, manfaat dari strategi penetapan harga diskon bagi sebuah bisnis, Sisters. Semoga informasinya bermanfaat untuk kamu, ya.