Dalam urusan online marketing, kata kunci dapat membantu konsumen untuk menemukan bisnismu. Banyak penulis konten yang masih belum memahami atau belum yakin bagaimana sebenarnya cara mencari keyword yang relevan untuk website. Berikut adalah cara mudah untuk mencari keyword terbaik di Google!
1. Long-Tail Keyword
Long-tail keyword adalah frase yang terdiri dari 3 sampai 5 kata, atau lebih. Keyword yang panjang umumnya digunakan oleh user untuk mencari info yang spesifik. Long tail keyword adalah hasil penjabaran dari short tail keyword. Berikut contohnya:
Dari segi volume, long-tail keyword jumlahnya lebih sedikit tapi spesifik dan berkualitas karena biasanya ‘diketik’ oleh orang yang benar-benar tahu apa yang diinginkan. Lalu, bagaimana cara mencari long-tail keyword? Kamu bisa memulai dari nama produkmu dan gunakan opsi exact match pada Google Keyword Tool.
LSI adalah cara riset kata kunci yang berkaitan dengan frase-frase sesuai industrimu. Contohnya, sebuah website yang membahas seputar otomotif maka robot mesin pencari punya ekspektasi keyword yang semestinya ada di dalam website tersebut, seperti: mesin, body part, dan lain sebagainya. Contoh lain adalah kata “Apple” yang bisa memiliki banyak makna: apakah itu kategori buah-buahan? Gadget dengan merk Apple? Atau nama seekor kucing piaraan? Gadget Apple merupakan contoh LSI untuk keyword “Apple”. Semakin banyak kata kunci semantik ini, maka website akan dianggap lebih relevan oleh search engine.
3. Mengamati Trend
Topic yang nge-trend saat ini akan masuk dalam kategori popular search. Dengan meriset kata kunci berdasarkan pengamatan trend yang sesuai dengan industrimu, maka kamu dapat mengulas hal-hal terbaru seputar keyword tersebut. Karena trending topic banyak dicari, maka kontenmu pun akan cepat meningkat traffic-nya.
Bagaimana mencari kata kunci yang sedang trending? Ada banyak cara,salah satunya lewat Google Trends.
4. Memasukan Kata Kunci Berdasarkan Lokasi
Location based keyword memasukkan area tempat bisnismu berada. Lokasi bisa berupa negara, pulau atau kota. Karena lebih spesifik, maka kemungkinan bisnismu untuk muncul di search engine semakin besar. Bila bisnismu memiliki toko atau kantor, hal ini akan memudahkan pencarian oleh konsumen. Selain muncul di Google Maps, kamu juga dapat menarik lebih banyak orang yang berpotensi menjadi konsumen.
Bagaimana meriset location based keyword? Menambahkan lokasi bisnismu ke Google Places dan menginput alamat, kota hingga kode pos agar bisnis lebih mudah ditemukan.