Hai Sisters!
Saat kita memulai bisnis, pasti timbul pertanyaan “produk yang saya jual, bakalan laku nggak ya?”, atau “kira-kira bakal bertahan berapa lama ya bisnis ini?”, dan pertanyaan lain.
Dengan banyaknya ide bisnis baru bermunculan, kamu juga jadi bingung sendiri menentukan arah usaha dan pasar yang harus ditargetkan, bukan?
Nah, alangkah baiknya sebelum memulai bisnismu dan juga agar produk yang kamu jual jadi best seller, simak dulu beberapa langkah yang harus kamu ambil, Sisters. Apa saja?
1. Lakukan Observasi
Sebagai calon pelaku usaha, kamu harus tahu kemampuan dan keahlian kita serta sumber daya yang kita miliki, pada tahap ini kita bisa menggunakan analisis SWOT. Analisis SWOT sendiri terdiri dari Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats.
Setelah itu kita bisa mengamati apa yang dibutuhkan dan diinginkan masyarakat, tren, dan perubahan yang mungkin saja terjadi di masa depan.
2. Pelajari Industri
Selain mempelajari industri, kamu juga perlu mengetahui potensi sebuah sektor industri dengan melihat kontribusinya terhadap perekonomian.
3. Menentukan Segmen Pelanggan
Dalam langkah ini kamu perlu menentukan segmen pelanggan secara demografis, seperti usia, gender, tempat tinggal, dan gaya hidup dan perilaku.
4. Uji Coba dan Evaluasi
Dengan evaluasi, kamu akan tahu produk mana yang paling laris, sering dibeli ulang, dan cara apa yang paling tepat untuk menjangkau pelanggan.
Kamu bisa melibatkan pembeli dengan mengundang mengisi kuesioner, memberi testimoni, atau melakukan focus group discussion (FGD) untuk mendapatkan masukan dan mengembangkan bisnismu.
Jadi gimana, Sisters? Kamu sudah menentukan bisnis apa yang akan kamu jalani? Yuk, mulai dari sekarang!