Hai Sisters! Selain bisa menghubungkan banyak audiens, terdapat berbagai alasan lainnya mengapa media sosial sangat bermanfaat untuk keberlangsungan bisnis.
Melalui berbagai platform yang ada saat ini, kamu bisa memasarkan produk hingga pelayanan yang kamu tawarkan ke lebih banyak audiens.
Selain itu, ada beberapa manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan, seperti dijelaskan berikut ini, dikutip dari WebFX.
1. Meningkatkan brand recognition
Brand recognition merupakan hal krusial untuk sebuah bisnis, dan ini merupakan salah satu keuntungan apabila kamu memaksimalkan media sosial untuk bisnis.
Jika kamu ingin lebih banyak orang familier dengan bisnis yang kamu jalankan untuk meningkatkan penjualan, maka Kawan Puan harus mengembangkan platform media sosialnya.
Lewat sosial media, kamu bisa mengunggah konten untuk campaign secara reguler agar dapat dijangkau oleh banyak audiens, sehingga mereka dapat mempelajari produk yang ditawarkan.
2. Membantu pelaku bisnis dalam mempelajari audiens
Media sosial merupakan satu-satunya metode pemasaran digital di mana kamu dapat berinteraksi secara langsung dengan para audiens.
Dengan adanya berbagai fitur yang ditawarkan, kamu bisa mengetahui siapa saja yang tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan.
Mempelajari audiens juga bisa membantu kamu untuk memahami customer behavior dan melihat bagaimana para konsumen melihat bisnis yang kamu jalankan.
3. Berinteraksi dengan audiens
Manfaat lainnya yang ditawarkan oleh media sosial adalah kamu dapat berinteraksi secara langsung dengan para audiens, sehingga secara tidak langsung dapat membangun loyalitas.
Sebagai pelaku bisnis, kamu bisa mengunggah konten yang menarik dan sesuai dengan minat audiens.
Ketika mereka menyukai konten yang kamu berikan, maka mereka akan meninggalkan komentar ataupun interaksi lainnya, bahkan membagikan konten tersebut ke orang lain.
4. Membangun komunitas
Jaringan media sosial memang diciptakan untuk menghubungkan orang dan membangun komunitas.
Dalam hal bisnis, kamu bisa menciptakan komunitas sekaligus memperkenalkan brand kamu lewat komunitas tersebut.
Guna menciptakan komunitas yang kuat, pelaku bisnis harus bisa memprioritaskan komunitas tersebut, misalnya lewat konten-konten yang relevan, fokus pada audiens, dan rajin berinteraksi.
5. Menunjukkan pelayanan yang baik ke pelanggan
Manfaat media sosial untuk bisnis berikutnya adalah kemampuan untuk menunjukkan pelayanan terbaik ke pelanggan, sebab hal ini merupakan hal krusial untuk kesuksesan bisnis.
Dalam membeli sebuah produk, konsumen tak hanya fokus pada kualitas produk, namun juga pelayanan yang diberikan, mulai dari ketika mereka bertanya mengenai produk tersebut, kekhawatiran, sampai komplain.
Apabila kamu bisa memberikan pelayanan yang terbaik, maka konsumen bisa membagikan pengalaman memuaskan mereka ke komunitas di media sosial yang kamu bangun.
6. Meningkatkan traffic ke halaman website
Media sosial juga bisa membantumu untuk meningkatkan traffic ke halaman website melalui tautan yang dibagikan di media sosial, lho!
bisa mengunggah konten dan menyematkan tautan yang membawa pelanggan ke laman situs kamu.
Dengan cara ini, kamu tak hanya dapat meningkatkan traffic, tetapi juga membangun brand recognition untuk bisnismu.
7. Hemat biaya
Tak bisa dimungkiri, pemasaran yang dilakukan melalui laman media sosial bisa dibilang lebih hemat biaya.
Meskipun tak perlu mengeluarkan banyak biaya, namun pemasaran lewat media sosial tak kalah efektifnya untuk sebuah bisnis.
Tanpa harus membayar mahal-mahal, kamu bisa meraih lebih banyak audiens untuk campaign kamu.
Itulah berbagai manfaat yang akan kamu dapatkan apabila Kawan Puan memaksimalkan media sosial untuk bisnis. Tertarik mencobanya untuk kembangkan bisnismu?