Sisters, dalam melakukan pengembangan cabang bisnis kuliner selalu memiliki tantangan tersendiri dan tidak sama dengan ketika hendak memulai bisnis tersebut. Karena itu tidak heran jika kita melihat restoran yang ramai tetapi tetap belum memiliki cabang meski sudah dijalani selama bertahun-tahun.
Lalu apakah ada cara cepat untuk pengembangan cabang bisnis kuliner? Simak, yuk!
Perhatikan Keuangan Restoranmu
Sebagian besar pebisnis kuliner hanya fokus pada stretegi pemasaran saja karena merasa omset yang paling penting. Tetapi sebenarnya kondisi keuangan restoran merupakan yang paling menentukan keberhasilan cabang baru tersebut.
Jadi, jika keuanganmu sudah mampu dan cashflow-nya sudah baik, silakan saja. Tapi jika belum, lebih baik ditunda dulu untuk membuka cabang baru.
Temukan Lokasi yang Strategis
Carilah lokasi yang ramai dan mudah dikunjungi oleh target market yang sudah kamu tentukan. Misalnya target market-mu adalah karyawan profesional, maka lokasinya harus dekat dengan perkantoran.
Jika bisnismu adalah bisnis kuliner rumahan maka dalam pengembangan cabang bisnis kuliner tersebut harus memakai konsep rumahan atau bisa juga memulai bisnis kuliner online. Maksudnya adalah tidak menyewa atau membeli tempat usaha dulu tapi membuka cabang dilokasi tertentu dengan penjualannya secara online.
Tentukan Strategi Pemasaran yang Tepat
Temukan kekuatan dan kelemahan dalam usaha restoranmu, lalu susun strategi bagaimana agar cabang baru dari restoran tersebut bisa berhasil di lokasi yang baru.
Kamu bisa memanfaatkan pemasaran offline seperti brosur, spanduk atau billboard dan manfaatkan juga pemasaran online aplikasi ojek online dan aplikasi sejenis.
Jika memang usaha kuliner kamu membutuhkan endorse maka pilihlah artis atau public figure yang profilnya tepat. Misalnya mereka yang hobi makan atau yang daerah asal (suku) mewakili masakan di restoranmu.
Bekerjasamalah dengan perusahaan fintech dalam payment getaway. Jangan pelit untuk memasang iklan secara offline dan online sesuai kemampuan keuangan restoranmu.
Tulis artikel di internet atau mintalah penulis tentang makanan untuk me-review makanan di restoran kamu agar calon customer yang mencari di internet mudah menemukannya.
Jadi, bisnis kulinermu sudah siap untuk buka cabang, Sisters?