Sisters, di era digital seperti sekarang ini membuat potensi bisnis berskala nasional hingga internasional semakin terbuka lebar. Meskipun begitu, ada tantangan baru yang perlu diantisipasi, salah satunya persaingan yang menjadi lebih berat karena jumlah kompetitor semakin banyak.
Oleh sebab itu, kamu membutuhkan strategi bisnis yang jitu agar mampu menghadapi persaingan dan memenangkannya. Berikut ini beberapa strategi bisnis yang cukup efektif dalam menghadapi persaingan bisnis era digital dilansir dari Cermati.com:
1. Manfaatkan Kemajuan Teknologi
Teknologi diciptakan untuk mempermudah segala pekerjaan manusia, sehingga, sudah sepatutnya teknologi dimanfaatkan dalam bidang bekerja. Contoh penerapan teknologi di bidang bisnis cukup banyak. Mulai dari menggunakan internet untuk melakukan pemasaran, memakai aplikasi komputer untuk pembukuan, dan lain sebagainya.
2. Gunakan Media Sosial
Banyak keuntungan pemasaran di media sosial, mulai dari murah, mudah, dan efektif. Tidak harus punya keahlian khusus ketika ingin memakai media sosial untuk kepentingan bisnis. Semua orang bisa memakainya untuk memasarkan produk.
Kunci utamanya adalah rajin dan konsisten. Jangan lupa manfaatkan fitur-fiturnya agar lebih efektif dan efisien.
3. Lakukan Pemasaran Digital
Selain media sosial. kamu perlu melakukan pemasaran digital atau digital marketing secara lebih luas. Digital marketing ada banyak jenisnya, tapi tidak harus semua dilakukan. Pilih pemasaran yang sekiranya sesuai dengan target pasar agar budget yang dibutuhkan tidak terlalu besar.
Apabila masih belum bisa melakukan pemasaran digital sendiri, kamu bisa bekerja sama dengan agensi digital. Agensi satu ini bertugas memberikan layanan yang berhubungan dengan digital marketing.
4. Gunakan Aplikasi atau Software
Manfaatkan aplikasi untuk membantu proses bisnis. Keuntungan memakai aplikasi yaitu hemat waktu, biaya, dan tentunya hemat tenaga. Cari aplikasi terbaik yang bisa mengoptimalkan bisnis meskipun harus berlangganan.
5. Berikan Pelayanan Terbaik
Walaupun sudah masuk ke era digital yang serba online, namun kamu tetap wajib memberikan layanan dan pelayanan terbaik. Contohnya jika pengiriman produk dilakukan secara online, maka kamu harus mengemasnya dengan baik agar barang aman sampai tujuan. Selain itu, jangan lupa untuk selalu fast respond dalam membalas chat maupun komplain dari pelanggan.
Jika pelanggan memiliki pengalaman belanja yang menyenangkan, maka mereka akan merekomendasikannya kepada orang lain.
6. Pertimbangkan Soal Mobile Friendly
Mengingat pengguna smartphone lebih banyak ketimbang device lainnya, maka kamu juga bisa mempertimbangkan pengguna smartphone.
Ketika membuat aplikasi atau toko online yang mobile friendly, maka mereka akan senang berbelanja karena tidak terganggu oleh tampilannya. Jangan lupa buat website yang nyaman dibuka di berbagai device, selalu update, memiliki tampilan fresh, dan tentu saja menarik dilihat.
7. Selalu Suguhkan Inovasi
Lakukan inovasi agar pelanggan tidak merasa bosan. Mengembangkan bisnis juga harus diimbangi dengan strategi yang tepat sesuai niche bisnis yang dijalankan. Terutama di era digital yang persaingannya terbilang cukup ketat. Beberapa strategi di atas bisa jadi referensi untuk diterapkan dalam bisnis.
Namun sebelum itu, kamu harus memperhatikan keadaan atau kondisi bisnis saat ini dengan analisis SWOT yang terdiri dari Strength atau kekuatan, Weakness atau kelemahan, Opportunities atau peluang, serta Threats atau ancaman, untuk hasil yang jauh lebih efektif dan efisien.
Semoga bermanfaat, Sisters!