Halo Sisters!
Nama saya Falasifah dan berusia 25 tahun. Saya merupakan lulusan Biologi Universitas Diponegoro. Sesuai dengan jurusan kuliah, saya adalah seorang Futurepreneur yang mengembangkan startup bioteknologi di bidang pengembangan mikroalga, khususnya spirulina. Pasti para sister di sini sudah pernah dengar ya apa itu spirulina.
Saya merintis sebuah bisnis bernama ALBITEC (PT. Alga Bioteknologi Indonesia) disini saya dan tim membudidayakan spirulina air tawar yang kemudian diimplementasikan menjadi beberapa produk. Kami mengklasifikasikan produk-produk tersebut ke dalam tiga jenis. Pertama ada Superfood, dengan dua jenis produk yakni spirulina sebagai suplemen kesehatan yang kami beri nama Spirulife dan makanan atau snack yang kami beri nama Garmil. Kedua adalah Skinfood, spirulina sebagai skincare berupa masker atau yang lebih dikenal dengan Spiruglow. Terakhir ada Supernature, merupakan spirulina sebagai pakan ikan (Koi-Toe), pakan ternak (Semesta), dan sebagai bioremediasi (Nutri-Q). Produk kami telah tersertifikasi BPOM, Halal. Selain itu unit produksi kami telah tersertifikasi FDA dan HACCP.
Awal mula bisnis ini bisa terbentuk adalah karena keprihatinan saya pribadi ketika melihat spirulina sebagai solusi atas berbagai permasalahan di Indonesia, khususnya dibidang kesehatan. Akhirnya saya mencoba membudidayakan spirulina air tawar skala kecil. Motivasi saya kala itu adalah membantu salah satu anggota keluarga saya dalam menghadapi diabetes. Ketika sudah melihat sendiri manfaat yang dihasilkan dari spirulina ini, saya berkeinginan untuk lebih lagi membantu banyak masyarakat dalam menyelesaikan masalah kesehatan, utamanya penyakit degeneratif yang banyak ditemukan di Indonesia.
Gambar 1. Kolam Budidaya Spirulina Air Tawar ALBITEC
Hal ini didukung dengan potensi Indonesia sebagai negara tropis yang tentunya sangat cocok untuk tumbuhnya spirulina secara alami. Selain itu, potensi spirulina sebagai sumber pangan masa depan yang dapat diaplikasikan ke berbagai produk pangan dan produk lainnya. Manfaat lain yang bisa didapatkan adalah bisnis ini terbentuk untuk menciptakan bisnis hijau yang berkelanjutan, mengingat spirulina juga sebagai agen carbon capture untuk mencegah climate change. Banyak sekali memang manfaat yang bisa didapatkan dari bisnis ini. Sambil menyelam minum air, bukan?
Apa yang membuat produk kami berbeda dengan produk lain? ALBITEC sendiri memiliki keunikan yakni kami memiliki media budidaya spirulina air tawar dan sittem continous cultivation yang pada umumnya kompetitor menggunakan budidaya spirulina air payau atau laut. Dengan teknologi budidaya tersebut, kami memiliki kualitas spirulina yang mempunyai protein hingga 70%. Selain itu, industri kami juga mengimplementasikan integrasi renewable energy dan mengaplikasikan manfaat spirulina di dalam lingkungan pabrik.
Namanya bisnis, pasti ada kendala yang mesti kami hadapi. Semuanya memang tidak berjalan dengan mulus begitu saja. Permasalahan yang bisnis kami alami adalah soal digital marketing yang belum efektif. Selain itu, minimnya jumlah tim membuat kami harus bisa berputar otak agar bisnis yang dijalankan performanya bisa tetap maksimal. Saat ini kami berfokus ke direct selling dan export. Untuk mengatasi hal tersebut, kami mencoba meresponnya dengan membuka digital internship, tetapi memang belum begitu efektif karena kami belum memiliki kemampuan untuk mengarahkan ke strategi digital marketing. Selain itu, kami juga rutin membuat postingan pada akun Instagram, Facebook, dan TikTok. Serta mengoptimalkan website kami di www.albitec.co.id
Menjalankan bisnis memang bukan sesuatu yang mudah, di dalamnya pasti ada tantangan yang harus kita hadapi. Namun, kami sangat enjoy dalam menjalani bisnis ini, mengingat kami meyakini spirulina sebagai produk yang dapat menyelesaikan berbagai masalah di masa kini dan masa depan. Potensi spirulina yang sangat besar ini harus terus dioptimalkan dengan ekspansi market terutama dalam Business to Customers, kami harus bisa mengedukasi produk kami yang belum begitu familiar di masyarakat dengan berbagai aktivitas serta promosi.
Alhamdulillah, tanggapan masyarakat mengenai produk kami sangatlah positif. Bahkan, bukan hanya masyarakat Indonesia saja, masyarakat dunia pun banyak yang tertarik dengan produk kami. Kami melihat dari tren penjualan yang semakin hari semakin bertumbuh, khususnya di kerjasama B2B juga export.
Untuk produk retail juga mulai ada respon baik dari masyarakat yang terbantu dengan spirulina dimana mampu menyembuhkan berbagai penyakit degeneratif. Masker spirulina yang kini semakin banyak diminati oleh masyarakat karena terbukti mampu mencerahkan kulit wanita Indonesia secara alami. Produk lain seperti Garmil sebagai solusi untuk ngemil bernutrisi. Koitoe menjadi salah satu pendamping pakan ikan yang mutakhir mampu membuat ikan koi semakin berwarna dan panjang.
Gambar 2. Testimoni Spirulife
Gambar 3. Testimoni Spiruglow (Masker Spirulina)
Ada salah satu program yang kami bernama “Mikroalga Penyelamat” yang saat ini sudah kami jalankan di masyarakat dekat dengan perusahaan. Kami memanfaatkan lahan rumah sebagai kolam spirulina yang dapat digunakan untuk ketahanan pangan maupun mencegah angka stunting di daerah tersebut. Kami juga menjadipenjamin pembelian atas hasil panennya sehingga hal tersebut mampu memperkuat ekonomi keluarga di masyarakat.
Gambar 4. Kolam budidaya spirulina untuk “Mikroalga Penyelamat”
Harapan kami dalam mengikuti Program Inkubasi Bisnis W20 ini adalah agar dapat mengembangkan bisnis yang lebih berdampak melalui scale up bisnis berkelanjutan utamanya dengan pendampingan yang relevan dalam setiap masalah yang kami hadapi.