Hai Sisters!
Salam kenal semua, perkenalkan aku dengan Ajeng. Asal Jakarta, dan usiaku kini 36 tahun.
Aku adalah seorang perempuan, salah satu bagian dari #Sispreneur Sisternet yang dahulunya berkarier dan seorang istri, dan ibu 1 anak perempuan yang kini getol bergelut di bidang usaha kuliner.
TAKOYAKI ICHI adalah bentuk jadi usaha ku di bidang Kuliner. Berdiri sejak 1 Februari 2020, hingga kini Mei 2022 sudah memiliki 9 outlet Takoyaki, dimana tersebar di area Cinere, Margonda, Limo, Sawangan (Depok), Ciracas – Jaktim, Kapuk – Jakarta Utara, Blok M Plaza & Kemang, ITC Kuningan – Jakarta Selatan.
Berawal dari motivasi pribadiku yang getol di dapur membuat kudapan/cemilan, aku terpanggil bagaimana membuat sesuatu yang ketika dibuat tidak hanya cukup membuat hilang hasrat mengemil, tapi juga bisa memiliki rasa yang khas, otentik dan unik. Lalu aku melihat suatu peluang kebutuhan baru dalam membuat Takoyaki. Dimana bagi sebagian orang mungkin ada yang belum familiar dengan cemilan ini, dan challenge terbesar yaitu bagaimana membuat orang yang tidak suka takoyaki, dapat menjadi ketagihan dan selalu datang membeli produk ku. Hal ini sekaligus menjadi titik balik-ku dalam menghadirkan cemilan menjadi sebuah konsep yang mampu membantu para para customer menemukan cemilan yang bukan hanya mereka inginkan, tetapi apa yang sebenarnya mereka butuhkan. Aku yang menyukai Takoyaki, diberi kesempatan menerima tantangan dari suamiku untuk bisa membuat takoyaki. Karena dia yang tidak menyukai takoyaki, harus dapat mau mencicip dan menyukai takoyaki buatan ku.
Setelah proses yang tak mudah, Takoyaki khas buatan ku mendapat approved dari nya. Dan mendapat kesempatan membuka outlet pertama ku di Mal dekat dengan rumahku. Cinere Mal, adalah outlet pertama Takoyaki Ichi.
Awalnya tidak mudah memang, saat TAKOYAKI ICHI lahir di saat pandemi melanda Indonesia, tetapi aku yang tak gentar terhadap badai, selalu bertekad dan berjuang untuk bisa membawa brand ku maju, menjadi besar dan sukses. Takoyaki Ichi tetap buka dan bahkan menambah cabang online dari dalam rumah serta berkolaborasi dengan temanku yang memiliki lahan foodcourt dengan rating no 1 online food di Kota Depok.
Proses 1 tahun di saat pandemi Covid datang, kami dapat bergerak dengan 3 outlet, dan di tahun kedua ini kami menyentuh angka 9 outlet, dengan 13 karyawan yang kami bantu dari golongan yatim dan putus sekolah.
Berikut ini adalah beberapa link terkait kisah inspiratif ku yang sudah terliput media.
https://kumparan.com/kumparanfood/kiat-umkm-kuliner-berjuang-hadapi-pandemi-covid-19-1tGvWVRezAM
https://bebas.kompas.id/baca/ekonomi/2020/04/22/umkm-bertahan-dalam-pandemi-dengan-inovasi/
https://marketeers.com/agar-bisnis-makanan-tetap-lancar-di-era-physical-distancing/
Sekarang, setelah 2 tahun berlalu, sejak aku memulai berjualan, hidup setiap hari adalah tantangan, seperti menaiki roller coaster.
Ada banyak sekali rencana dan strategi dalam berjualan selalu menjadi tolak ukur ku dalam setiap rencana ku di setiap hari nya agar aku bisa memajukan usahaku ini. Dimulai dari planning kemudian action plan hingga eksekusi di lapangan selalu aku monitoring agar setiap produk yang ku jual memenuhi standar CHSE, standar operasional yang sudah aku terapkan sejak awal aku membuka usaha ini. Dan tentunya aku mau TAKOYAKI ICHI menjadi besar dan selalu worth to wait oleh para loyal customer kami.
Tujuanku mengikuti Program Inkubasi Bisnis W20 dari #Sisternet ini adalah untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi TAKOYAKI ICHI di tahun 2022-2023. Misi aku ingin membuka banyak cabang baru offline store (my target 2023 sudah menyentuh angka 30 outlet) yang semakin banyak dan meluas, tempat singgah baru bagi para pelanggan TAKOYAKI ICHI agar dapat melayani customer dan menjangkau market yang lebih luas lagi.
Dengan perhitungan estimasi dan dana sekitar 50juta untuk bisa berexpansi, aku yakin dapat memberikan kontribusi yang baik untuk semua.
ESTIMASI BIAYA YANG DIBUTUHKAN |
||
SEWA |
Rp 7.000.000 |
|
SEC DEP |
Rp 3.000.000 |
|
DAYA LISTRIK |
Rp 3.000.000 |
|
BOOTH |
Rp 10.000.000 |
|
PERALATAN LAIN |
Rp 10.355.000 |
|
SD |
Rp 5.000.000 |
|
BAHAN BAKU |
Rp 5.000.000 |
|
BIAYA TAK TERDUGA / LAINNYA |
Rp 6.645.000 |
|
TOTAL EST |
Rp 50.000.000 |
Semoga dengan pemaparanku ini, aku bisa layak mendapatkan modal bisnis dari Kompetisi W20 #Sispreneur, karena ku sangat ingin menjadikan TAKOYAKI ICHI sebagai brand yang besar, bisa naik kelas dari bawah hingga meluas dan dapat diterima seimbang dan bermanfaat serta berdampak baik. Menjadi sebuah jalan yang tak hanya memberikan dampak ekonomi positif kepada kami saja, tetapi juga memberikan dampak positif bagi seluruh karyawan dan membuka lapangan pekerjaan serta kontribusi di lingkungan sosial sekitar kami. Menjadikannya sebuah bisnis yang bertema kekeluargaan, tumbuh dan kembang bersama karyawan yang sudah kami anggap seperti keluarga dengan baik dengan mengajarkan banyak ilmu dan budi pekerti lainnya. Dan menjadikan Takoyaki Ichi nomor satu dan enak di Indonesia. #JadiLebihBaik!