Hai Sisters!
Kamu pasti tahu, kan, bahwa media sosial adalah tempat orang-orang melakukan percakapan tentang brand-mu? Jika kamu memantau percakapan mereka alias social media monitoring, kamu akan menemukan beragam keuntungan, lho. Apa saja? Simak di bawah ini, yuk!
- Customer Service
Customer service yang baik mencakup mendengarkan dan menanggapi feedback, pertanyaan, dan keluhan di media sosial. Jika keluhan atau pertayaan tidak diperhatikan, itu dapat membuat brand experience mereka negatif terhadap kamu. Penting untuk mempelajari bagaimana pengguna berbicara tentang kamu di setiap media sosial. Misalnya, saat kamu melacak percakapan di Twitter, ingatlah untuk melacak penyebutan brand dengan dan tanpa simbol “@”.
- Menghasilkan Prospek Baru dari Media Sosial
Saat ini, orang mencari hal-hal di media sosial yang mirip dengan cara mereka menggunakan mesin pencari. Ini memberi peluang kepada brand-mu untuk mengidentifikasi pelanggan potensial. Ada berbagai jenis kata kunci yang dapat kamu pantau, seperti brand keywords, buzzword di industrimu, keyword yang spesifik dengan lokasi, tagar kompetitormu, dan sebagainya.
- Mengidentifikasi Mana yang Infuencer dan Advokat
Infuencer adalah orang-orang yang pendapatnya dihargai di industri. Sebagian besar konsumen mengatakan bahwa mereka mempercayai apa yang direkomendasikan oleh orang-orang yang mereka kenal. Kamu juga harus melacak pengguna yang mendukung brand-mu. Pendukung brand adalah pelanggan yang terus-menerus membagikan postingan-mu atau merekomendasikan produk atau layanan kamu di media sosial.
- Get Feedback
Dengan memantau percakapan sosial, kamu bisa mendapatkan ide tentang bagaimana membangun produk yang lebih baik. Pelajari ide baru, temukan tantangan untuk diperbaiki, dan cari tahu bagaimana reaksi pengguna terhadap produk atau layanan yang serupa dengan milik kamu.
Pemantauan media sosial adalah proses yang berkelanjutan, paling efektif jika kamu menjadikannya bagian dari rutinitas harian kamu. Setelah kamu meluangkan waktu untuk itu, kamu akan memiliki banyak informasi untuk membantu kamu mengembangkan brand-mu.
Jadi, terus pantau lakukan social media monitoring sehingga kamu dapat mendengarkan, merespons, dan melanjutkan percakapan para netizen terutama tentang brand usahamu!