Hai Sisters!
Dalam membangun sebuah bisnis, salah satu hal penting yang harus disiapkan adalah profil bisnis. Kenapa penting? Karena ini merupakan sesuatu yang tepat untuk menunjukkan kekuatan bisnismu, dan memiliki tujuan untuk media promosi, syarat bergabung dalam komunitas dan syarat pengajuan pinjaman jika suatu saat kamu membutuhkan investor maupun tambahan modal.
Ada banyak hal yang lebih penting dari sekedar desain, yaitu harus memuat hal-hal berikut ini agar terlihat menarik dan profesional. Catat, ya!
Buatlah Profil Bisnis Secara Singkat, Padat dan Jelas
Dengan menggunakan cara yang efektif dan efisien, target pasar jadi lebih fokus dalam mengetahui informasi yang ingin disampaikan. Jadi ketika membuat profil bisnis dalam bentuk teks, cukup dua halaman kertas folio saja. Pembaca sangat jarang yang membaca profil bisnis secara keseluruhan, tetapi hanya dibaca secara sekilas saja. Kalaupun kamu membuatnya dalam bentuk video maka buatlah dengan durasi yang pendek agar penonton tidak jenuh.
Detail Bisnis
Biasanya detail bisnis itu berisi nama perusahaan, tanggal didirikan, alamat, nomor telepon, situs web, hingga alamat email. Bagian ini perlu diletakkan di bagian depan agar tidak membingungkan.
Dasar-Dasar Bisnis/Perusahaan
Hal ini akan bervariasi tergantung pada jenis bisnis yang kamu jalani. Sehingga bisa saja kamu membuat dasar-dasar yang panjang, atau mungkin justru yang lebih singkat. Pada bagian ini kamu bisa membaginya lagi menjadi deskripsi bisnis termasuk misi dan/ atau visi, deskripsi produk, deskripsi layanan, sejarah, ekspansi, dan pertumbuhan usaha.
Highlight Pengalaman Perusahaan
Bagian ini berguna untuk menyoroti keberhasilan yang sudah dilakukan oleh perusahaan kamu, atau untuk memperkuat posisi perusahan kamu yang sudah dijelaskan pada bagian sebelumnya. Hal-hal yang bisa di-highlight oleh bisnismu antara lain seperti penghargaan, sertifikasi, program dan proyek khusus, testimoni, pengakuan berita atau media.
Item Tambahan
Beberapa orang menganggap item opsional ini memang relatif. Kamu yang memilihnya. Isi dari item opsional ini misalnya adalah penjualan tahunan, target keuangan, jumlah karyawan, daftar mitra, foto-foto.
Agar citra bisnis/perusahaanmu menjadi baik dan bisa memberikan kesan profesional maka kamu bisa membuat profil bisnis yang kreatif, Sisters. Mulai dari pemilihan bahasa, gunakanlah bahasa yang verbal dan visual. Jadikan brosur yang bisa membangkitkan minat, perhatian dan kesan positif. Dengan begitu akan mudah dinikmati dan diterima pembaca.
Itulah hal-hal penting yang perlu ada di sebuah profil bisnis. Kamu sudah membuat profil bisnis untuk usahamu, Sisters?