Hai Sisters, sudah pernah dengar istilah social media listening? Hal ini terjadi ketika kamu melacak platform media sosial kamu untuk mendapatkan mentions dan percakapan yang terkait brand kamu. Lalu, kamu menganalisis insights-nya untuk menemukan peluang bertindak.
Social media listening adalah proses dua langkah. Pertama, monitor social media channels yang menyebutkan brand kamu, pesaing, produk, dan kata kunci yang terkait dengan bisnis kamu. Kedua, analisis informasi untuk bagaimana mewujudkan apa yang kamu pelajari menjadi action.
Social Media Listening termasuk penting, Sisters. Karena jika kamu tidak menggunakan media sosial untuk mendengarkan, kamu melewatkan banyak insights berharga. Kamu mungkin juga kehilangan wawasan tentang brand kamu yang didiskusikan orang secara aktif.
Lalu, bagaimana social media listening dapat membantu brand kamu?
1. Customer engagement
Contoh perusahaan Aplikasi Online, Mereka sering menanggapi followers yang nge-tweet tentang produk mereka dan menindaklanjuti mereka lewat DM. Nah, hal ini menciptakan niat baik dengan followers dan meningkatkan engagement.
2. Kelola krisis
Social media listening memungkinkanmu melacak sentimen itu sosial positif secara langsung. Dengan begitu, kamu dapat melihat post apa yang bekerja dengan baik untuk brand kamu dan mana yang tidak. Jika kamu mendapatkan banyak engagement positif, carilah penyebabnya.
Jika sentimen turun, tinjau feedback sosial untuk mencegah kesalahan yang sama di masa depan. Cari penyebabnya dan segera lakukan perubahan. Baik dengan menarik post yang bermasalah maupun meminta maaf atas postingan yang tidak sensitif.
3. Tracking pesaing
Kamu juga akan belajar apa yang dilakukan pesaing kamu secara real-time. Dengan social media listening, kamu bisa mencari tahu tentang peluang dan ancaman yang terjadi sehingga kamu dapat merencanakan dan meresponsnya.
Baca juga: Brand Awareness untuk Bisnis yang Berjangka Panjang
4. Temukan leads sales baru
Social media listening membantumu mengembangkan hubungan dengan pelanggan potensial. Jangkau, buat koneksi, dan bagikan informasi bermanfaat. Ini akan membantu menetapkan brand kamu sebagai sumber terbaik untuk membuat keputusan pembelian.
5. Identifikasi influencer dan pendukung
Kamu juga akan menemukan orang-orang yang menyukai brand kamu dan mengatakan hal-hal baik tentang kamu di media sosial. Ini adalah brand supporter alami. Jangkau mereka dan cari peluang untuk berkolaborasi.
Nah, semoga kamu bisa mempraktikkannya dalam bisnismu, ya, Sisters!