Sisters, Selama beberapa waktu belakangan, para pebisnis online sudah menjadikan situs bisnis mereka sebagai salah satu faktor penting untuk meraih sukses. Bukan hanya mendatangkan kunjungan saja, namun pada dasarnya situs bisnis memang ditujukan untuk bisa menciptakan terjadinya transaksi pembelian.
Kondisi yang seperti ini harus disiasati dengan banyak hal, salah satunya dengan menyajikan landing page yang tepat dan sesuai dengan kepentingan bisnis itu sendiri.
Saat kamu membuat landing page bisnis, setidaknya halaman tersebut wajib memuat 2 (dua) komponen penting ini:
- Terdapat form yang bisa diisi pengunjung yang berminat membeli.
- Bertujuan jelas untuk membuat pengunjung jadi pembeli yang potensial.
Pastikan kamu membuat landing page yang tepat dan benar-benar sesuai untuk bisnis yang dijalankan. Untuk memuat landing page bisnis yang tepat, berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu ikuti.
1. Pilih headline yang tepat
Judul akan menjadi poin utama yang dilihat oleh pengunjung, sehingga sangat penting untuk membuat bagian ini semenarik mungkin. Selain itu, judul ini harus bisa mewakili keseluruhan isi bisnismu, sehingga bisa membuat pengunjung lebih mudah memahami dan tertarik dengan apa yang ditawarkan di sana. Buatlah judul yang tepat dan tidak asal-asalan.
2. Jangan abaikan teori blink test
Pengunjung harus bisa menemukan penawaran bisnis dalam beberapa detik pertama, bahkan sebelum mereka mengedipkan mata. Ini merupakan teori blink test, di mana kamu wajib menyajikan inti dari penawaran bisnis pada 3 hingga 5 detik pertama.
Pastikan kamu bisa membuat sub-heading yang tepat dan terbaca dengan mudah, bahkan di detik-detik pertama saat pengunjung tiba.
Baca juga: Manfaat Website di Era Digital
3. Manfaatkan bullet points
Kamu harus bisa menyajikan informasi dengan detail, namun tetap menarik untuk dibaca.
Manfaatkan bullet points atau text box untuk memperjelas isi sekaligus membuatnya lebih menarik dan mudah untuk dipahami. Hal ini akan membuat pengunjung lebih cepat menangkap pesan bisnis, sehingga potensi terjadinya pembelian akan semakin lebih besar.
4. Siapkan form yang tepat
Bagi sebagian pengunjung, isian form yang rumit dan banyak merupakan hal yang menyebalkan. Mereka akan malas untuk mengisinya, apalagi jika harus membuang waktu terlalu banyak untuk hal tersebut.
Jadi, pastikan kamu hanya menyediakan form dengan isian yang tepat 2 hingga 3 kolom isian saja.
5. Gunakan foto dan ilustrasi yang cantik
Ada beberapa hal yang wajib kamu cermati terkait dengan hal ini, antara lain: kualitas foto atau gambar, keterkaitan foto dengan bisnis, tujuan dan pesan yang disampaikan melalui foto dan ilustrasi tersebut, dan yang lainnya.
Baca juga: 5 Fitur yang Wajib Ada dalam Website Bisnis
6. Tunjukkan testimoni
Testimoni pelanggan adalah salah satu poin yang kerap dijadikan pertimbangan dalam menilai sebuah produk atau bisnis. Juga bisa meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap bisnis, termasuk mempermudah kamu membangun brand bisnis dengan cepat.
7. What next?
Saat pengunjung sudah melihat dan tertarik dengan bisnis, maka mereka harus mendapatkan akses yang mudah untuk melakukan pembelian. Ini merupakan tujuan utamamu dalam membangun landing page, jadi berikan akses mudah dan paling cepat untuk calon konsumen tersebut.
Menggunakan landing page untuk mendukung bisnis merupakan keputusan yang tepat. Kamu akan mendapatkan banyak manfaat dari fitur ini. Buat landing page dengan menggunakan langkah yang tepat, di mana kamu bisa menempatkan semua poin penting dalam porsi yang pas. Semua ini akan membantumu lebih mudah mendapatkan pengunjung dan pembeli potensial di bisnis.