Dari jumlah total penduduk dunia saat ini, lebih dari separuhnya tercatat online setiap harinya dengan beragam aktivitas. Mulai membaca berita, menonton streaming, berinteraksi di media sosial, hingga berbelanja online.
Bagi seorang pengusaha, hal itu tentu bukanlah sekadar kabar, melainkan sebuah peluang besar. Jadi, sangat wajar jika hampir seluruh pelaku bisnis berlomba-lomba membangun website. Hal ini tentunya tidak terlepas dari banyaknya populasi pengguna sekaligus keuntungan yang didapatkan dari sebuah web.
Nah, berikut ini beberapa manfaat website bagi pelaku usaha yang diambil dari berbagai sumber.
Bisnis Buka Non-Stop
Website dapat diakses kapan pun, di mana pun. Inilah yang memungkinkan konsumen mengunjungi bisnismu 24 jam dalam sehari, bahkan di hari libur sekalipun. Penggunaan website non-stop ini secara persisten mencari calon-calon konsumen untuk bisnis kamu.
Kredibilitas Meningkat juga Terjaga
Website memiliki halaman informasi lengkap nan akurat bagi customer-nya. Siapa pun bisa menggali informasi detail mengenai bisnismu, mulai dari Homepage, About Us, Products & Services, hingga Contact Us. Informasi detail dari halaman-halaman inilah yang kemudian meningkatkan sekaligus menjaga kredibilitas bisnis di mata konsumen.
Promosi Jadi Lebih Efektif dan Efisien
Masih menggunakan strategi pemasaran manual? Jika iya, perusahaan kamu membuang banyak hal berharga, termasuk uang dan waktu. Meski masih populer, cara ini dinilai kurang efektif karena tidak dapat menyentuh semua lapisan masyarakat, mulai dari umur hingga tingkat ekonomi. Selain itu, metode tradisional juga kurang efisien karena biasanya akan berujung pada penumpukan sampah.
Bandingkan dengan pemasaran online melalui web! Tentu saja lebih murah dan efektif, bukan?
Perkembangan Bisnis Kian Mudah Dipantau
Salah satu manfaat paling signifikan dari penggunaan sebuah website bisnis adalah kamu dapat memantau perkembangan perusahaan secara real time dengan perangkat analytics, yaitu sebuah perangkat yang menampilkan informasi statistik dari pengukuran, pengumpulan data, juga analisa perilaku pengguna website.
Jangkauan Pasar Bertambah Luas
Internet telah menjangkau lebih dari setengah populasi penduduk dunia. Itu berarti pasar kamu bukan lagi lokal, tetapi juga internasional. Dengan adanya kesempatan itu, bukan tidak mungkin bisnis kamu akan mendunia suatu saat nanti.
Kepuasan Konsumen Terpenuhi dengan Baik
Manfaat lainnya adalah meningkatkan kepuasaan pelanggan. Website bisa dibilang sebagai layanan all-in-one terbaik yang perusahaan bisa tawarkan untuk konsumen setianya.
Website Menjaga Reputasi Perusahaan dari Kompetitor
Sebuah website bisa saja membuat bisnismu tampil lebih unggul dari kompetitor. Lalu, imbasnya adalah reputasi bisnismu akan dinilai lebih baik dari pesaing.
Bagaimana caranya? Mudah saja! Ciptakan forum pada website melalui fitur blogging, podcast, dan webinar.
Bisnis Memiliki Kesan Profesional
Website yang dibuat secara profesional memberikan kesan bahwa kamu serius dalam membangun bisnis. Lalu, kesan ini tentu akan mempengaruhi pandangan publik terhadap bisnismu.
Lebih jauh lagi, pemanfaatan website juga mampu menciptakan kesan profesional pada brand-mu dengan cara menyisipkan logo secara apik di dalam website.
Sisters, apakah kamu sudah memiliki website untuk bisnismu?