Sisters, banyak cara yang bisa dilakukan dalam menerapkan digital marketing, mulai dari email, website, hingga media sosial yang memiliki jumlah pengguna sangat tinggi saat ini.
Sebagai seorang pebisnis, kamu harus bisa memilih jenis digital marketing yang tepat untuk bisnismu, untuk memastikan bahwa sistem yang kamu pilih benar-benar sesuai dengan kebutuhan bisnismu dan kedepannya bisa membawa bisnis tersebut sukses.
Berikut jenis digital marketing yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan pemasaran bisnis:
1. Search Engine Optimization (SEO)
SEO merupakan salah satu sistem digital marketing yang paling banyak digunakan oleh para pebisnis. Di dalam sistem ini, situs perusahaanmu akan dioptimasi dengan sedemikian rupa, sehingga bisa berada pada peringkat teratas di Search Engine Result Page (SERP). Posisi ini akan memungkinkan situs kamu mendapatkan jumlah kunjungan organik yang jauh lebih banyak, sehingga potensi perkembangan bisnis kamu kedepannya bisa menjadi lebih baik lagi.
Terdapat beberapa cara yang lazim digunakan di dalam sistem SEO ini, antara lain:
- On Page SEO
Sistem SEO yang satu ini menggunakan artikel (konten) yang berfokus pada keyword tertentu. Untuk menerapkan sistem ini, kamu harus meriset keyword-nya terlebih dahulu, sehingga kamu bisa mendapatkan keyword yang tepat dan memiliki peringkat yang tinggi. Selanjutnya, kamu menerapkan keyword tersebut di dalam konten yang menarik dan sesuai dengan tujuan digital marketing bisnismu.
- Off Page SEO
Sistem SEO ini terbilang unik dan tidak dilakukan di dalam situs bisnis kamu. kamu perlu bekerjasama dengan situs lain dan menggunakan backlink untuk menuju situs bisnis kamu tentunya. SEO yang satu ini biasanya diterapkan dengan cara membuat guest post pada situs tertentu dan sekaligus menyisipkan link situs bisnis kamu di artikel tersebut. Link inilah yang akhirnya akan di-klik dan membawa pengunjung ke situs kamu.
- Technical SEO
Technical SEO akan difokuskan pada coding situs bisnismu. Hal ini dilakukan dengan menangani beberapa faktor sekaligus, mulai dari optimasi file CSS, kompresi gambar, dan yang lainnya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan performa situs bisnismu.
2. Content Marketing
Content marketing merupakan istilah yang lazim digunakan dalam pemasaran digital dan berkaitan dengan pembuatan dan juga distribusi konten. Tujuannya adalah untuk membangun brand yang lebih baik, meningkatkan kunjungan ke situsmu, dan bahkan mendatangkan konsumen baru di dalam bisnis tersebut.
Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam menerapkan sistem ini, antara lain:
- Membuat postingan blog
Menulis artikel di situs bisnis kamu merupakan salah satu cara terbaik untuk mendapatkan pengunjung yang banyak. kamu perlu membuat konten yang berkualitas baik dan tentunya berkaitan dengan bisnis yang kamu jalankan.
- Membuat ebook dan whitepapers
Melalui cara ini kamu bisa memperoleh kontak pengunjung, sehingga kamu bisa mengarahkan mereka lebih mudah menjadi konsumen bisnis kamu.
- Infografis
Selain kedua cara di atas, kamu juga bisa menggunakan konten visual untuk mendapatkan pengunjung yang banyak. Infografis seperti ini akan membantu kamu memenuhi keinginan pengunjung yang lebih menyukai konsep visual dan sekaligus mengajak mereka menjadi konsumen yang baru.
3. Pay Per Click (PPC)
Sistem ini akan memungkinkan pengunjung melihat iklan kamu ketika yang bersangkutan meng-klik iklan tersebut.
Saat menggunakan layanan ini, kamu akan membayar pihak penyedia iklan untuk setiap kunjungan yang datang melalui layanan tersebut. Ada banyak cara yang dapat kamu pilih dalam sistem PPC ini, antara lain:
- Facebook Ads
Layanan ini memungkinkan kamu menggunakan semua ruang milik Facebook, mulai dari messenger, hingga Instagram sekalipun. Kamu bisa membayar dan menggunakan konten yang tepat, seperti gambar, video, dan yang lainnya untuk memasarkan produkmu.
- Twitter Ads
Di dalam layanan ini, kamu bisa membayar untuk setiap tweet ataupun profil badge yang kamu bagikan. Sistem ini mengkamulkan traffic untuk meningkatkan follower yang kelak bisa menjadi konsumen baru di dalam bisnismu.
- Sponsored messages di LinkedIn
Di dalam layanan ini, kamu akan membayar untuk setiap pesan yang dikirim langsung kepada pengguna LinkedIn, yang kamu anggap tepat dan sesuai untuk menjadi konsumen bisnis kamu.
Jika kamu berniat menggunakan layanan-layanan ini, pastikan kamu memilih sistem yang tepat sejak awal. Hal ini penting, untuk memastikan bahwa sistem tersebut benar-benar tepat dan bisa meningkatkan angka penjualan bisnismu, Sisters.