Hai Sisters!
Menurut Hootsuite, iklan Instagram dapat menjangkau lebih dari 1,2 miliar orang, atau 20% populasi dunia di atas usia 13 tahun. Oleh sebab itu, Instagram sangat potensial untuk dimanfaatkan para pebisnis.
Salah satu cara untuk meningkatkan engagement dan menarik minat pembeli adalah dengan melalui iklan menggunakan Instagram Ads. Nah, bagi kamu para pebisnis yang ingin tahu cara membuat Instagram Ads untuk keperluan promosi bisnis dengan Ads Manager, simak artikel di bawah, ya.
1. Pilih Tujuan Beriklan
Untuk memulainya, buka tools Ads Manager dan klik “+Buat.”
Pilih salah satu tujuan beriklan di Instagram Ads Manager dari beberapa opsi berikut:
- Brand awareness: Untuk meningkatkan kesadaran akan bisnis atau produk di antara pengguna yang belum pernah mendengar tentang bisnismu.
- Reach: Menampilkan iklan kepada sebanyak mungkin orang yang menjadi target audiens bisnismu.
- Traffic: Mendorong klik ke situs web, aplikasi, atau URL lainnya.
- Apps install: Menarik pengguna untuk mengunduh aplikasi bisnis kamu.
- Engagement: Meningkatkan komentar, like, share, hingga tanggapan acara pada iklan yang ditayangkan.
- Video views: Menayangkan video kepada para pengguna yang kemungkinan besar akan menonton kontenmu.
- Lead generation: Untuk mengumpulkan info pribadi dari pengguna yang tertarik pada bisnismu.
- Messages: Mengirimkan pesan kepada pengguna yang berisi tentang penawaran bisnismu.
- Conversions: Mendorong penjualan atau konversi pendaftaran di situs web atau aplikasi bisnis.
- Catalog sales: Mempromosikan penjualan dari katalog toko online milikmu.
- Store traffic: Mengarahkan pengguna untuk mengunjungi lokasi fisik (offline store).
Usai memilih salah satu tujuan tersebut, kamu akan diminta untuk menuliskan tema campaign sebagai cara membuat Instagram Ads selanjutnya. Sebaiknya, gunakan nama campaign yang spesifik agar lebih mudah untuk dilacak dan dianalisis.
2. Tetapkan Budget dan Jadwal Penayangan
Untuk budget, kamu akan dihadapkan dengan dua opsi, yakni:
- Anggaran Harian: hanya akan menghabiskan sejumlah anggaran per set iklan yang kamu tetapkan per hari.
- Anggaran Seumur Hidup: memberikan budget yang ingin dibelanjakan untuk keseluruhan campaign dan dapat memilih waktu iklan hingga tanggal akhir secara jelas.
Setelah menentukan budget, cara membuat Instagram Ads berikutnya, yaitu kamu akan diarahkan untuk menentukan jadwal penayangan iklan. Dalam hal ini, kamu bisa menayangkan iklan secara terus-menerus atau hanya pada waktu tertentu dalam sehari.
3. Tentukan Target Audiens Kamu
Menentukan target audiens akan memudahkan kamu dalam menjangkau pengguna media sosial yang potensial untuk melakukan pembelian. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan audiens baru yang ditetapkan sesuai dengan kebutuhan atau audiens tersimpan yang sudah bekerja dengan baik pada campaign sebelumnya.
Untuk membuat audiens baru, kamu bisa memilih audiens berdasarkan demografi, minat, atau penargetan perilaku.
4. Pilih Penempatan Iklan
Setelah semuanya ditentukan, kamu bisa memilih penempatan iklan. Dalam hal ini, ada 2 opsi yang dapat dipilih:
- Penempatan otomatis: iklan akan ditampilkan pada tempat-tempat terbaik sehingga menjangkau lebih banyak audiens.
- Penempatan manual: kamu dapat memilih di mana iklan akan muncul (dan tidak ditampilkan) secara spesifik. Jika kamu ingin membatasi iklan agar hanya ditampilkan di Instagram (bukan Facebook), kamu pun dapat memilih penempatan manual ini.
Nah, itulah penjelasan seputar Instagram Ads Manager yang perlu kamu ketahui. Beserta cara membuat Instagram Ads. Semoga informasinya bermanfaat untuk bisnismu, ya, Sisters!