Hai Sisters! Apakah kamu pernah mendengar nama Richard Putra? Pastinya pernah dong ya! Richard Putra merupakan seorang digital marketer tanah air yang terbilang sukses menulis dan menjual buku berjudul Master Secret Instagram 4.0. Nah, ternyata dari penjualan buku tersebut, keuntungan yang diraihnya sebesar 100% diberikan kepada sebuah panti asuhan, lho Sisters. Keren banget, kan?
Sebagai seorang digital marketer, maka buku yang ditulisnya berisi tentang materi terkait bagaimana cara memaksimalkan platform Instagram sebagai wadah bisnis. Richard Putra sendiri adalah founder dari komunitas bisnis Master Online Community (Komunitas Bisnis Online di Indonesia) telah menghasilkan puluhan miliar dari Instagram. Wow!
Gimana, Sisters, tentunya kamu ingin tahu lebih jauh tentang pemuda berusia dua puluh tahunan ini, bukan? Walaupun masih tergolong muda, tapi pengalaman dan ilmunya wajib kita contoh, nih. Simak obrolan Sisternet dengannya berikut ini, yuk!
Q: Apa yang membuat Richard tertarik terhadap dunia digital marketing dan entrepreneurship?
A: Saya tertarik dunia entrepreneurship dikarenakan dulu saat saya berusia 15 tahun saya sedang mengalami masalah ekonomi dalam keluarga, sehingga yang saya tahu yang bisa membuat hidup saya berubah dalam segi Finansial adalah menjadi seorang Entrepreneur.
Tentunya karena tidak adanya modal memutuskan saya untuk berjualan online dengan sistem Dropship (tanpa stok produk) baru sekarang memiliki produk sendiri, ribuan reseller dan ratusan tim yang luar biasa dalam membantu mengembangkan perusahaan saya.
Dan kenapa saya tertarik Digital Marketing ?
Karena saya adalah mantan sales Jalanan yang sadar saya membutuhkan "Kecepatan" dalam memasarkan banyak produk, dan itulah keunggulan dari Dunia Digital Marketing yaitu Kecepatan dan Waktu yang sangat fleksibel.
Q: Menurut Richard sejauh mana peran media sosial bagi pebisnis di era sekarang ini?
A: Menurut saya sangat berperan apalagi kita akan segera memasuki Era New Normal yang Saya yakini semua usaha berbasis digital akan semakin banyak dan berkembang pesat.
Q: Dari sekian banyak platform, mengapa beriklan di Instagram Ads dianggap lebih efisien dan tepat sasaran?
A: Dari pengalaman saya dengan beriklan menggunakan Instagram ADS biayanya jauh lebih murah dibandingkan platform yang lain dan sangat tertarget. Dimana facebook dan instagram sendiri saat ini sudah punya sistem yang bisa menyalurkan konten promosi kita kepada Audiens yang tepat dan spesifik.
Q: Apa sebenarnya pengertian lengkap Instagram Ads?
A:. Instagram ADS adalah solusi tepat bagi para UMKM Digital yang ingin menargetkan Iklan dengan tepat sasaran dan dengan biaya yang terjangkau melalui Platform Instagram.
Q: Apa saja jenis-jenis iklan di Instagram Ads?
A:. Ada Instagram Feeds, Explore, dan Instagram Stories
Q: Bagaimana cara yang tepat untuk membuat Instagram Ads dan hal yang perlu dihindari?
A: Cara yang selalu saya ajarkan berbeda dengan cara pemula beriklan karena saya tidak menggunakan Aplikasi Instagram untuk membuat Instagram ADS, melainkan dengan membuat Business Manager di Facebook karena baik Iklan Facebook dan Instagram bisa dibuat melalui Business Manager dan kita akan mendapatkan data yang spesifik dan mudah dianalisa bahkan bisa mengumpulkan banyak data audiens lewat Business Manager.
Q: Menentukan budget yang sesuai dalam memasang iklan, bagaimana caranya?
A: Saya pribadi selalu berpatokan kepada profit produk yang saya iklankan dengan data yang masuk di whatsapp/email saya. Perhitungan yang saya gunakan adalah 10% Profit Produk = Cost/Data yang masuk. Jadi jika profit produk saya adalah Rp. 100.000, iklan saya harus bisa mendatangkan 10 orang yang menghubungi via whatsapp/email.
Q: Seperti apa teknik membuat desain Ads media sosial yang menjual dan langsung di setujui oleh Instagram.
A: Pastikan kita juga mengikuti ADS Policy terutama pada tulisan dan bahasa iklan yang kesannya Overclaim, SARA, dan Peluang yang menyesatkan sudah pasti ditolak iklannya.
Jadi pastikan kita juga menentukan visual produk dengan copywriting yang sesuai dengan target market kita.
Q: Pesan untuk para Sisters yang ingin mengiklan untuk bisnisnya...
A: Untuk para Sisters yang ingin mengiklankan bisnisnya melalui Instagram ADS sekarang adalah saat dan momen yang tepat, tetap perbanyak jam terbang dengan selalu belajar dan praktek. Karena dunia ini selalu berubah, dan strategi yang sudah pasti gagal adalah ketika kita tidak berani mengambil langkah dan mengambil resiko. Sukses selalu untuk para Sisters!
Nah gimana Sisters, seru kan ngobrol bareng Richard? Selalu nantikan kisah-kisah inspiratif dari Man of The Month pilihan Sisternet berikutnya dengan mengunduh aplikasi Sisternet melalui link ini: https://linktr.ee/sisternet. Yuk, kita sama-sama menuju perempuan Indonesia #JadiLebihBaik !