Sisters, konten yang booming bisa diartikan sebagai konten yang isinya mampu memancing followers untuk mencari tahu lebih dalam lagi tentang konten tersebut dan membagikannya ke orang lain.
Permasalahannya, bagaimana sih, cara membuat konten tersebut menjadi booming dan dilihat banyak orang? Terutama buat kamu yang menggunakannya sebagai salah satu strategi digital marketing untuk berjualan online.
Lalu bagaimana, sih, caranya supaya kita bisa mneghasilkan konten marketing yang tepat sasaran untuk menjalani bisnis kita? Yuk, simak obrolan Sisternet dengan Keke Genio, seorang Youtube Content Creator & Co Founder Lokapoin.
Q: Boleh dong, diceritakan seperti apa sih, sosok Keke Genio itu?
A: Aku adalah Keke Genio seorang Co Founder Lokapoin, dan juga aku aktif sebagai Content Creator di Youtube, Instagram, dan juga TikTok. Sebelumnya aku pernah bekerja di sebuah perusahaan konsultan bernama MarkPlus.Inc. Sebelumnya aku sempat sekolah bisnis manajemen di Institut Teknologi Bandung.
Pada dasarnya aku itu sosok yang positif dan selalu produktif. Aku sangat menyadari bahwa banyak sekali hal yang kita inginkan kebanyakan terpengaruh oleh hal yang terjadi diluar kendali kita. Jadi dengan berpikir selalu positif, aku percaya kita bisa mempersepsikan hal-hal dengan positif.
Q: Apa alasan Sister Keke tertarik menjadi seorang Youtube Content Creator?
A: Awalnya tuh sebenarnya sangat simple, aku hanya ingin mendokumentasikan apa yang aku tahu, yang aku pelajari, apa yang aku pernah alami ke dalam sebuah platform. Jadi nggak lekang oleh waktu dan bisa bermanfaat buat banyak orang.
Harapannya banyak orang yang teredukasi dan terinspirasi oleh video-video aku ini.
Q: Sister Keke juga Co Founder Lokapoin, boleh dong diceritakan tentang Lokapoin dan bagaimana role Sister Keke di dalamnya…
A: Kalau bicara soal Lokapoin sendiri, aku cukup senang sebenarnya, karena Lokapoin cukup berkembang sekarang. Karena jadi merasakan banyak bisnis dibawah satu bendera. Karena dulu awalnya Lokapon itu hanya semacam travel agent, yang konsepnya kita membawa para foreigners atau orang-orang asing atau orang lokal juga bisa untuk experiencing pengalaman di desa-desa yang asli Indonesia banget dalam bentuk trip.
Nah, seiring berjalannya waktu, kita pivot menjadi sebuah startup. Startup nya ini sendiri adalah online booking platform untuk akomodasi berbasis lokal. Yang mana akomodasinya juga kami sediakan beberapa aktivitas trip tadi.
Misalnya ada yang mau sewa vila, nah, nggak hanya mendapatkan vila untuk menginap tetapi juga aktivitas khas daerah tersebut misalnya seperti membatik atau masak memasak. Tinggal pesan di Lokapoin, experience dan activity nya dapet gitu.
Selain itu, kami juga ada Loka Resto. Loka Resto adalah pemesanan kuliner via online. Jadi kita ingin membantu para pengusaha kuliner untuk punya digital menu sendiri dalam berjualan atau mendistribusikan dagangannya. Kami ingin semua terintegrasi melalui 1 sistem, yaitu Loka Resto itu tadi.
Role aku di dalam Lokapoin adalah sebagai Chief Marketing Officer, jadi kau kebanyakan bersentuhan dengan customer. Mulai dari riset, analisis data market, sampai lihat-lihat tren yang ada, develop produk juga. Aku juga aktif banget mengurus konten-konten di seluruh platform Lokapoin.
Q: Menurut Sister Keke, seberapa penting Content Marketing untuk kemajuan bisnis UMKM?
A: Menurutku sangat penting. Karena UMKM itu kan biasanya modalnya masih sangat minim atau kurang. Lalu sumber daya manusianya juga masih kurang. Nah, dengan segala keterbatasan itu, menurutku strategi marketing akan jauh lebih preferable dibandingkan jika kita menggunakan strategi advertising.
Dengan Content Marketing ini juga kita bisa menciptakan konten 2 arah, lebih ke ngobrol dengan audience kita lebih spesifik dan bisa lebih long term komunikasinya. Lalu manfaatnya bagi UMKM adalah biasanya customer akan lebih loyal ke kita, karena kita lebih authentic dalam menyampaikan pesan kita.
Selain itu mereka juga akan lebih percaya ke kita, sehingga bisa meningkatkan penjualan kita. Dan juga bisa menciptakan competitive advantage bagi para kompetitor kita. Misalnya, produknya sama, tetapi fotonya beda, penyampaian produknya juga beda, gaya bahasa yang juga berbeda dari yang lain alias dengan cara kita sendiri. Maka hal ini akan lebih mengena ke audience. Karena mereka akan berpikir, wah brand ini beda nih dari yang lain, kelihatan serius.
Q: Apa saja strategi membuat konten pemasaran yang cost effective bagi UMKM?
A: Yang paling pertama adalah kita harus mengetahui target market kita itu siapa saja, audience-nya profilnya seperti apa. Nah, disitu kita cari tahu kira-kira cocoknya kita pakai platform apa ya untuk target market ini untuk melakukan Content Marketing. Karena kan sekarang ini banyak sekali pilihan platform yang bisa digunakan, seperti Facebook, Instagram, TikTok, LinkedIn, Youtube dan masih banyak lagi.
Silahkan dipilih mana yang cocok dan paling efektif menjangkau target market kita. Lalu langkah selanjutnya adalah kita tentukan tujuan membuat konten itu apa, apakah untuk educate, entertain, inspire atau apa. Patikan kita juga harus tahu bagaimana mengukur keefektifan dari konten yang sudah kita buat tersebut. Berapa biaya yang dikeluarkan, lalu matriksnya berapa, banyak sih caranya. Termasuk apakah angkanya sudah membuat kita happy atau belum.
Q: Lalu menurut Sister Keke, perlukah menjadi kreatif untuk membuat konten marketing yang efektif?
A: Menurutku perlu. Karena konten marketing itu dibuat untuk menyampaikan sesuatu yang authentic, dan goals kita adalah menjalin hubungan jangka panjang. Nah maka dari itu kita butuh sesuatu atau konten yang bisa membuat kita bisa mengobrol dengan audience kita.
Jangan takut kalau kamu ngerasa nggak kreatif, perbanyak membaca dan mencari tahu soal konten marketing, biasanya dengan banyak membaca kita jadi banyak tahu sehingga timbul ide-ide kreatif. Tenang saja, semua pasti berproses, kok.
Q: Boleh dong dibagikan apa tipsnya membuat content marketing yang booming dan berdampak pada peningkatan penjualan produk buat para Sister yang memiliki bisnis/usaha sendiri…
A: Menurutku yang jelas harus tahu tren. Karena booming itu ditentukan dengan bagaimana kita membuat konten yang bagus dan dipertemukan dengan timing yang pas. Contoh pembuatan kontennya mungkin bisa seperti membuat behind the scene bisnismu, atau bisa juga mulai membuat konten yang memberikan value seperti edukasi. Hal ini bisa dilakukan juga dengan dukungan influencer.
Intinya kita harus banyak trial ke audience kita supaya bisa lebih banyak tahu apa sih maunya mereka, buat konten yang engagement dan long lasting hubungannya dengan para audience.
Nah, seru kan ngobrol bareng Sister Keke? Sisters, selalu nantikan kisah-kisah inspiratif dari Inspiring Sister pilihan Sisternet berikutnya dengan mengunduh aplikasi Sisternet melalui link ini: https://linktr.ee/sisternet. Yuk, kita sama-sama menuju perempuan Indonesia #JadiLebihBaik !
Foto: Instagram / @kekegenious