Hai Sisters! Di zaman serba online seperti ini, kebutuhan akan jasa pengiriman kian meroket. Berkat kerja keras para penyedia jasa pengiriman barang, sekat antar dunia online dan offline kini semakin melebur.
Para pemilik usaha kini tak lagi wajib untuk memiliki toko fisik, pembeli pun tak wajib untuk datang toko offline untuk berbelanja.
Apalagi, pandemi yang belum kunjung usai membuat pergerakan masyarakat semakin terbatas. Keadaan ini memaksa orang-orang untuk mendapatkan kebutuhannya dengan berbelanja di toko-toko online. Oleh karena itu, pengiriman barang selama pandemi tercatat mengalami peningkatan hingga 50%.
Nah, apabila kamu memiliki toko online dan ingin meningkatkan kualitas layanan yang diberikan, jangan lupakan faktor penting dalam usaha, yakni memastikan jasa pengiriman yang dimiliki mampu memberikan kepuasan bagimu dan pelanggan.
Misalnya, dalam hal ketepatan waktu pengiriman barang, keamanan barang yang dikirim, kecepatan pengiriman, dan masih banyak lagi.
Berikut ini adalah tips yang bisa kamu lakukan ketika memilih jasa pengiriman terpercaya supaya pesanan sampai di tangan pelanggan dengan cepat dan tepat. Simak, ya!
1. Pastikan mampu mengirim dengan tepat waktu
Ketepatan waktu pengantaran adalah kriteria utama dalam memilih jasa pengiriman barang. Untuk itu, kamu bisa melihat bagaimana track record dari jasa pengiriman barang, apakah mereka mampu mengantarkan barang sesuai dengan waktu yang dijanjikan.
Kamu bisa bertanya ke sesama pebisnis ataupun kepada teman-teman yang pernah menggunakan jasa layanan pengiriman barang tertentu. Selain itu, mencari informasi di internet soal keluhan pelanggan pun bisa membantumu menentukan pilihan.
2. Biaya layanan pengiriman barang yang masuk akal
Faktor harga harus diperhatikan karena ini mampu mempengaruhi keputusan pelanggan sebelum membeli produkmu. Seringkali pelanggan mengurungkan niatnya untuk membeli produkmu hanya karena ongkos kirim yang terlalu mahal.
Untuk itu, disarankan kamu memberikan beberapa opsi pengiriman barang dengan harga yang bervariasi sehingga customer bisa memilih sesuai dengan yang mereka inginkan.
3. Terpercaya dapat mengirimkan barang dengan aman
Cepat saja belum cukup. Pastikan jasa pengiriman yang kamu pilih juga mampu mengantarkan barang dengan aman. Sebab, tak ada pelanggan yang mau menerima barang rusak, apa pun alasannya.
Untuk itu, disarankan kamu memilih layanan pengiriman barang dengan track record yang baik dan juga menawarkan asuransi penggantian jika terjadi kerusakan.
4. Pengiriman dapat dilacak secara real-time
Satu hal lucu tentang pelanggan adalah mereka tak sabar menerima barang yang dipesan secara online. Mereka pasti ingin mengetahui bagaimana proses pengirimannya, sudah sampai mana, dan kapan perkiraan sampai.
Untuk itu, penting bagmu sebagai pemilik usaha untuk memilih jasa pengiriman yang memberikan update soal proses pengiriman barang, agar pelanggan pun juga bisa lacak pesanan mereka.
5. Menyediakan paket pengiriman yang lengkap
Biasanya jasa pengiriman menyediakan beberapa paket pengiriman dengan durasi dan harga yang berbeda-beda. Pilihan-pilihan ini memberikan kebebasan kepada pelanggan untuk menyesuaikan dengan budget dan kebutuhan mereka.
Meskipun pelanggan biasanya memilih yang tercepat, ketersediaan pilihan memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik.
6. Hubungan bisnis dan jasa pengiriman barang
Toko online dan layanan pengiriman memiliki hubungan simbiosis mutualisme. Toko online dimudahkan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan, jasa pengiriman pun diuntungkan dari pemasukan yang mereka dapatkan. Namun, siapakah yang paling diuntungkan dengan hubungan keduanya? Tentu saja para pembeli.
Berikut ini manfaat yang dirasakan oleh pelanggan dengan kompaknya toko online dan jasa pengiriman.
Nah, itulah dia 6 tips memilih jasa pengiriman barang yang bisa diterapkan untuk usahamu. Semoga membantu, ya, Sisters!