Hai Sisters! Meski semakin banyak orang yang ingin melakoni bisnis, nyatanya masih banyak pula yang merasa terhambat lantaran ide dan konsep yang kurang matang. Padahal, usaha komersial tidak selalu membutuhkan modal yang sangat besar dan rencana bisnis yang sangat kompleks. Bisnis laundry sepatu misalnya, merupakan salah satu konsep usaha yang memiliki prospek cerah dengan perencanaan yang tidak terlalu rumit.
Memulai bisnis laundry sepatu tidaklah susah, tetapi bukan berarti tidak memerlukan persiapan yang matang. Kamu tentu tidak ingin bukan, sejumlah modal yang dikeluarkan tidak memberikan hasil yang diharapkan?
Untuk itu, jangan sia-siakan kesempatan bagus ini. Paling tidak, beberapa hal berikut bisa jadi pertimbanganmu untuk memulai usaha jasa laundry sepatu.
1. Memiliki Bekal Pengetahuan Merawat Sepatu
Biasanya, pemilik usaha laundry sepatu didasari oleh profil sebagai seorang kolektor sepatu. Dengan begitu, wawasan mengenai bagaimana cara merawat sepatu pun lebih dipahami dengan baik. Tentu, sebagai seseorang yang mengerti bagaimana cara melakukan maintenance terhadap barang kesukaannya, jasa yang diberikan dalam bisnis yang ditawarkan pun tidak akan sembarangan.
Hal ini juga sangat mungkin dipelajari. Bila Anda belum terlalu berpengalaman, jangan ragu untuk mencari informasi bahkan mengikuti kursus shoe cleaning yang akan sangat bermanfaat. Bila ingin mengangkat karyawan pun, pastikan bahwa dia mempunyai pengetahuan yang baik terhadap sepatu, mulai dari jenis dan karakternya hingga perlakuan yang tepat untuk setiap jenis sepatu yang ditangani.
2. Memilih Bahan dan Alat yang Sesuai
Pembersih yang digunakan tentu bukan deterjen sembarangan. Lagi-lagi, pemilihan ini sangat didasari oleh setiap jenis sepatu yang akan dikerjakan. Salah sedikit saja, risiko kerusakan atau kecacatan sepatu tidak akan terhindarkan.
Pun demikian dengan alat-alat pembersih dan mesin pengering yang dibutuhkan. Perlu diketahui, tidak semua jenis sepatu bisa dibersihkan menggunakan mesin otomatis. Beberapa sepatu membutuhkan perawatan secara manual untuk tetap menjaga kondisi terbaiknya. Bahkan tidak sedikit pula proses laundry untuk sebuah sepatu memakan waktu hingga hitungan pekan.
3. Menggunakan Strategi Pemasaran yang Tepat dan Efektif
Dalam sebuah bisnis, pemasaran merupakan elemen yang berperan sangat penting untuk mencapai target komersial yang diharapkan. Hal ini berlaku untuk segala jenis usaha baik yang berskala besar maupun kecil.
Secara umum, karakter target konsumen bisnis ini merupakan orang-orang yang cukup up to date dengan informasi.
Berdasarkan kondisi ini, kamu juga bisa lebih spesifik menentukan strategi pemasaran yang lebih efektif. Selain menggunakan media sosial, kamu juga bisa menyebar brosur ke wilayah yang berpotensi, seperti kawasan kampus, area indekos pekerja usia dewasa muda, dan sebagainya. Bila memungkinkan, kamu bisa pula memanfaatkan layanan SMS broadcast dengan filter sesuai segmen yang diinginkan.
4. Menghadirkan Nilai Lebih dalam Pelayanan
Jika kamu bukan pemain utama dalam bisnis laundry sepatu di wilayah yang direncanakan, maka penting untuk menambahkan value lebih dari pelayanan yang diberikan. Tentu untuk mewujudkannya, kamu harus lebih dulu melakukan analisis.
Nilai lebih yang ditawarkan tidak harus berupa harga yang lebih murah dibandingkan kompetitor. Sebisa mungkin, jangan sampai hanya karena mengejar harga murahmu lantas mengurangi kualitas yang seharusnya. Sebagai kompensasi, kamu bisa memberikan layanan antar-jemput sepatu, potongan harga bagi pelanggan baru dan loyal, dan lain-lain.
Bisnis laundry sepatu merupakan salah satu ide bisnis dengan prospek cerah yang bisa kamu pilih dengan modal biaya yang tidak terlalu besar. Tertarik mencoba, Sisters?