Sisters, pandemi COVID-19 telah membawa tantangan serta peluang baru bagi para pelaku UMKM di Indonesia. Di tengah penerapan masa PSBB transisi saat ini, para pelaku UMKM kembali didorong untuk mulai bangkit dan menghidupkan kembali roda perekonomian Indonesia.
Dari hasil diskusi Pieter Lydian, Country Director untuk The Facebook Company di Indonesia bersama beberapa figur publik yang sukses berbisnis di Instagram seperti Dimas Beck, Zaskia Adya Mecca, dan Luna Maya, berikut beberapa tips praktis seputar persiapan strategi bisnis di Instagram untuk menghadapi ‘new normal’ yang dibagikan para selebriti tersebut:
Bangun eksistensi bisnismu
Di masa sekarang ini, para pelaku UMKM harus dapat terus berinovasi dan memanfaatkan peluang yang disediakan oleh platform digital, seperti Instagram. Langkah pertama yang dapat dilakukan para pelaku UMKM yang baru ingin membangun eksistensi bisnis mereka di Instagram adalah mengubah profil Instagram mereka menjadi profil bisnis.
Dengan menggunakan Profil Bisnis, para pelaku UMKM dapat memperoleh Insights secara realtime tentang kinerja Stories dan postingan Feed, karakteristik para followers dan bagaimana mereka berinteraksi dengan postingan, menambahkan tombol Aksi, seperti mengirim pesan, telepon, email, dan sebagainya, serta melakukan promosi atau beriklan.
Baiknya, para pelaku bisnis untuk menganalisa interaksi konsumen, performa penjualan, dan karakteristik konsumen mereka secara berkala. Analisa bisnis ini akan sangat membantu para pelaku bisnis menyusun strategi pemasaran yang efektif.
Tonjolkan karakter utama bisnismu
Menurut data internal Instagram, 2 dari 3 pengunjung Profil Bisnis di Instagram bukan berasal dari followers. Itulah mengapa Feed profil bisnismu harus bisa menjadi etalase online saat orang melihat bisnismu. Pelaku UMKM perlu membuat nama bisnis yang menarik, menulis informasi seputar bisnis yang lengkap pada bagian bio, dan selalu fokus pada 6 foto teratas Feed. Ketiga hal tersebut akan membantu orang mengenali karakteristik bisnismu secara mudah saat mereka mengunjungi profil bisnis Instagram.
Manfaatkan berbagai fitur yang tersedia secara gratis bagi para pelaku UMKM
Para pelaku UMKM dapat memaksimalkan seluruh fitur bisnis Instagram untuk membangun eksistensi bisnis, menjaga interaksi, bahkan mendorong terjadinya penjualan.
Jaga interaksi dengan konsumen
Di tengah situasi ini, menjalin komunikasi dua arah dengan para followers-mu juga menjadi kunci dalam mempertahankan bisnis. Dengan terbatasnya aktivitas di toko offline-mu, interaksi online menjadi opsi utama yang digunakan para konsumen untuk mencari tahu lebih lanjut seputar suatu produk dan ketersediaan produk sebelum mereka melakukan pembelian.
Kamu dapat memanfaatkan kolom komentar dan Direct Message secara aktif untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan calon konsumen. Selain itu, kamu dapat mencoba membangun interaksi menyenangkan dengan calon pelanggan melalui fitur-fitur kreatif di Stories seperti polling, stiker pertanyaan, stiker kuis, dan sebagainya.
Perkaya ilmu dan ikuti tren yang ada
Instagram memahami bahwa situasi ini merupakan masa-masa yang tidak mudah bagi para pelaku UMKM. Sebagai pelaku bisnis, adaptasi menjadi langkah utama yang harus diambil seiring dengan adanya tanggung jawab untuk mendukung para karyawan, baik dari sisi finansial dan mental, serta memastikan roda bisnis tetap berjalan.