Hai Sisters! Apakah kamu mendapatkan pekerjaan baru di tengah wabah corona? Selamat! Kamu berhasil menjadi karyawan baru di tengah pandemi.
Masuk kantor pertama kali dalam keadaan wabah tentu berbeda dengan biasanya. Anjuran physical distancing membuatmu harus menjalani kerja di rumah.
Meski berbeda dengan keadaan normal, kamu tak perlu khawatir. Sisternet sudah menyiapkan trik memulai pekerjaan baru di tengah pandemi untukmu.
1. Pelajari Pola Komunikasi Tim
Tiap tim dan perusahaan tentu memiliki kebiasaan komunikasi mereka masing-masing.
Misalnya, aplikasi komunikasi apa yang mereka gunakan, atau aplikasi meeting online apa yang menjadi pilihan.
Dilansir dari The Muse, memahami pilihan cara komunikasi tim saat menjadi karyawan baru di tengah pandemi tak hanya mempermudah koordinasimu, lho.
Melakukan hal ini juga dapat membuat timmu merasa nyaman dalam berkomunikasi denganmu, sehingga kamu bisa memiliki interaksi yang lebih produktif dan positif dengan rekan kerja baru.
2. Jangan Sungkan Bertanya
Sisters, salah satu hal yang menjadi masalah untuknya adalah kurangnya kolaborasi antarkaryawan.
Biasanya, ketika ingin bertanya, kamu tinggal meminta penjelasan teman yang duduk di sebelahmu.
Saat kerja di rumah, terkadang kamu harus menyelesaikan masalahnya sendiri, dengan menghabiskan waktu 20-30 menit mencari solusinya melalui Google.
Oleh karena itu, meski berjarak waktu, kamu tidak boleh sungkan dalam bertanya kepada teman kerja atau atasan apabila memiliki masalah.
Coba untuk melakukannya meski kamu masih karyawan baru, ya! Hal ini dapat membantumu mempercepat kerja dan mendapat solusi apabila menemukan kendala.
3. Cari Teman Dekat
Sisters, telah dibahas bahwa kamu perlu mempelajari kebiasaan komunikasi dan jangan sungkan untuk bertanya apabila memiliki kendala.
Agar kedua hal ini lebih mudah kamu lakukan, kamu bisa mencari “teman dekat” yang bisa kamu andalkan untuk bertanya.
Pilih orang yang tepat dengan membaca situasi. Misalnya, saat rapat online, perhatikan orang yang terlihat ramah dan terbuka.
Apabila ingin bertanya, kamu bisa berkomunikasi dengannya. Selain itu, kamu juga bisa mulai nyaman dengan lingkungan baru karena memiliki kenalan baru.
4. Siapkan Diri untuk Kerja di Rumah