Hai Sisters! Keterbatasan anggaran pemasaran bagi pebisnis pemula, bukan merupakan sebuah alasan untuk tidak melakukan proses penjualan. Panglima besar dalam sebuah usaha adalah keberhasilan penjualan produk yang di buat.
Guna meningkatkan kreatifitas dalam proses penjualan dengan keterbatasan anggaran yang dimiliki, berikut beberapa cara untuk mengoptimalkan pemasaran dengan hasil omzet yang tetap luar biasa, simak ya!
Strategi penjualan yang paling murah yang dapat di lakukan agar produk yang di jual dapat segera di kenal oleh calon pelanggan yaitu melalui free product trial atau tester.
Strategi ini merupakan cara ampuh untuk menggaet calon pelanggan dengan melakukan produk tester melalui aktivitas promosi yang dilakukan dengan jaringan yang kamu miliki.
Penggunaan sosial media dalam ranah pemasaran di era digital ini, merupakan cara termurah dengan jangkuan luas guna mempromosikan produk yang anda miliki.
Kamu cukup memposting foto produk yang menarik dan men-share foto tersebut kepada kolega ataupun teman yang merupakan target pelangganmu.
Pilihan menggunakan Facebook adalah prioritas utama dalam membangun Creative sales melalui sosmed ini, mengingat kebanyakan orang lebih suka melihat gambar di bandingkan harus membaca teks.
Jika kamu sudah mulai memiliki respon dari pelanggan yang sudah mulai membeli produk yang di jual, maka tahap berikutnya adalah membuat mereka kembali membeli produk yang di jual melalui pembuatan kartu anggota (Member Card).
Syarat utama dalam membuat member card adalah : value added atau nilai tambah yang kamu berikan kepada pelanggan harus jelas dan menarik bagi mereka.
Di samping itu untuk meningkatkan benefit bagi pelanggan yang telah memiliki kartu anggota (member card) maka harus di buat kerja sama dengan merchant lain, supaya manfaat member card bagi pelanggan bisa semakin banyak.
Pelanggan ibaratnya adalah gunung emas yang harus senantiasa di gali dan juga di pertahankan keberadaanya. Kamu sudah harus mulai membuat data base pelanggan sewaktu pelanggan sudah merespon produk yang anda tawarkan.
Kumpulkan data pelanggan dan mulailah untuk mengklasifikasikan mereka berdasar tingkat ketertarikan produk yang kita jual.
Masyarakat Indonesia pada umumnya merupakan masyarakat yang suka berkumpul. Oleh karena itu buatlah komunitas yang berhubungan dengan tingkat interest atau ketertarikan mereka pada satu isu tertentu atau kegiatan tertentu, dan bangunlah komunitas yang memiliki keterkaitan dengan produk yang nantinya akan kita jual.
Prinsip dasar dari point reward adalah pemberian hadiah bagi pelanggan yang tertarik membeli produk yang kita jual. Buat gimmick semenarik mungkin, dengan volume penjualan yang semakin besar akan memperoleh point reward yang semakin menarik.
Untuk mempercepat proses penjualan dalam memasarkan produk, maka tingkatan tertinggi agar proses penjualan tidak tergantung denganmu, adalah membentuk team sales. Syarat utama team sales yang ampuh adalah penguasaan produk knowledge produk yang di jual.
Mereka harus di training agar memiliki pengetahuan tentang USP (unique selling preposition) atau keunikan produk yang di jual di banding produk sejenis yang di jual oleh kompetitor.
Disamping itu guna menetapkan kinerja dari team sales yang telah di bentuk maka harus di buat target sales yang jelas berdasar volume penjualan, area penjualan dan breakdown tanggung jawab kepada tiap individu yang ada dalam team sales tersebut.
Demikian beberapa hal yang mungkin dapat membantu dalam memasarkan produk yang kamu buat. Selamat mencoba, ya, Sisters.