Sisters, sebagai pelaku UMKM, tentu saja kita ingin produk bisa tembus pasar ekspor. Namun, kenyataannya menembus pas ekspor bukanlah hal mudah untuk dilakukan pebisnis.
Melansir dari Kontan, saat ini BPS mencatat bahwa UMKM Indonesia sudah tembus di angka 64 juta. Namun, sayangnya, kontribusi UMKM di Indonesia untuk tembus pas ekspor masih sekitar 14,37 persen. Kita pun masih tertinggal dengan negara-negara APEC yang bahkan dapat mencapai 35 persen.
Lalu apa saja tips yang bisa kita lakukan agar produk kita bisa tembus ke pasar ekspor? Simak dibawah ini yuk!
Kualitas yang baik dinyakini bisa menciptakan pembelian yang berulang-ulang atau repeat order. "Jadi kalau ada repeat order kan bagus itu. Bahkan bisa jadi ada pembelian yang dari mulut ke mulut ada marketing-nya. Karena kualitas kita bagus, disarankan teman ke teman yang lain untuk beli produk kita, Sisters.
Packaging menarik ternyata bisa membuat orang jadi ingin beli produk kita, lho, Sisters. Jadi kamu bisa menciptakan packaging sekreatif mungkin agar pembeli senang dan selalu mengingat produkmu.
Nah, Sisters, ini poin juga penting untuk kamu perhatikan. Memiliki packaging yang bagus tapi mudah rusak juga percuma. Perhatikan kualitas dan bahannya, jangan sampai yang gampang rusak ya. Apalagi jika kamu mengirimnya menggunakan ekspedisi.
Nah, gimana, kamu sudah siap membawa produkmu tembus ke pasar ekspor, Sisters?