Hai Sisters! Memang ketika kita menggeluti pekerjaan tertentu, kita dihadapkan pada keharusan untuk berinteraksi dengan orang lain. Entah untuk membicarakan pekerjaan atau sekadar partner bercanda. Buatmu yang ekstrovert mungkin tak masalah jika harus banyak berinteraksi banyak dengan orang lain. Sementara itu bagi introvert, berinteraksi banyak dengan orang tak ubahnya sebuah beban. Tenang, jangan merasa rendah diri dulu. Karena masih ada lho pekerjaan yang memungkinkanmu untuk minim interaksi dengan orang lain. Penasaran? Ini dia listnya!

 

1. Content writer

Content writer atau penulis konten punya job desk untuk menulis artikel di sebuah situs online. Tema artikelnya beragam, dari mulai tentang sesuatu yang kekinian, hiburan, hingga kisah sukses yang inspiratif. Tenang, untuk menekuni profesi ini, nggak ada kualifikasi jurusan tertentu kok. Apa pun latar belakang pendidikanmu, kamu tetap punya kesempatan untuk menjadi content writer.  Yang diperlukan adalah keahlian bertutur, wawasan yang luas, dan bonus tambahannya adalah suka membaca.

2. Programmer

Programmer adalah profesi yang tepat buat kamu yang lebih senang berhadapan dengan komputer ketimbang dengan manusia. Eits, jangan pernah meragukan gaji profesi satu ini. Yup, karena gaji programmer bagi yang fresh graduate saja minimalnya sekitar Rp 4-5 juta. Adapun job desk programmer adalah merancang program berdasarkan script-script, kode-kode, dan bahasa pemrograman. Sedikit informasi nih Guys, bahasa pemrograman diantaranya adalah Bahasa Pemrograman Java, Algoritma, Visual Basic, Python, Html, dan bahasa pemrograman lainnya. Buat kamu yang geek dan ogah berinteraksi lama-lama dengan orang, profesi bergaji lumayan ini layak untuk dijadikan pilihan.

3. Social Media Manager

Yup, era di mana dunia digital makin berkembang pesat, profesi sebagai social media manager begitu dicari oleh banyak perusahaan. Entah itu perusahaan makanan, minuman, hingga yang bergerak di bidang jasa sekalipun, kesemuanya membutuhkan seorang karyawan yang bertugas untuk mengelola akun sosial media mereka (dari Facebook hingga Twitter). Tujuannya untuk kepentingan promosi hingga menguatkan citra positif perusahaan tersebut.

4. Ahli Statistik

Bagi sebagian kamu yang detail oriented dan begitu terobsesi dengan data, agaknya ahli statistik adalah pekerjaan yang cocok untukmu. Selain bertugas untuk mengelola data, profesi satu ini juga relatif minim interaksi. Nah, buat kamu yang lebih suka mengotak-atik data ketimbang bertemu dengan orang, ahli statistik nampaknya pekerjaan yang cocok buat kamu.

5. Pustakawan

Berada di antara tumpukan buku, memastikan agar ruang perpustakaan kondusif untuk membaca, hingga mengecek sirkulasi buku, adalah sebagian dari tugas pustakawan. Memang, profesi ini belum begitu populer di kalangan masyarakat Indonesia. Namun, di dunia barat sana, pustakawan terbilang salah satu profesi yang dihargai. Nah, buat kamu pemuja ketenangan dan nggak begitu suka berinteraksi banyak dengan orang lain, profesi pustakawan layak untuk dijadikan pilihan.

 

Meskipun kamu nggak begitu suka berinteraksi dengan orang lain, kamu tetap bisa memiliki karir yang cemerlang kok! Delapan profesi di atas adalah buktinya!