Hai Sisters! Bisnis digital masih berpeluang besar? Tentu saja. Jika kamu melihat hal ini, maka sekarang waktu yang tepat untuk memulai bisnis digital. Jangan khawatir dengan bisnis digital raksasa ataupun yang sudah unicorn. Ingatlah, bahwa mereka memulai bisnisnya dari skala UKM. Kesuksesan mereka tidak datang tanpa proses dan kerja keras yang panjang. Maka tidak ada salahnya memulai bisnis digital dari skala UKM dan berobsesi menjadi besar. Berikut adalah bisnis digital yang masih berpeluang besar, sikan, ya!
1. Transportasi dan Akomodasi
Sisters, peluang bisnis digital di Indonesia untuk bidang transportasi dan akomodasi mungkin hanya dikuasai oleh beberapa pemain besar saja. Tetapi jika kamu mengetahui sejarah mereka, mereka adalah bisnis yang dibangun dari UKM dan menjadi besar karena memiliki inovasi dan perbedaan dari bisnis yang lainnya. Sehingga mereka bisa mendapatkan tempat di hati masyarakat Indonesia.
Tentunya dalam bisnis transportasi dan akomodasi kamu bisa menyediakan layanan yang mudah dan sangat membantu konsumen. Salah satunya adalah Traveloka, dan Tiket.com dua pemain besar yang menguasai bisnis tiket pesawat dan kereta di Indonesia serta kamar hotel.
Selain mereka berdua, terdapat pula Grab dan Go-Jek yang menyediakan fasilitas transportasi umum, dan jasa antar barang. Serta terdapat pula Bosbis.com, Bustiket.com, dan Redbus.com penyedia layanan tiket bus online.
Meskipun bidang digital transportasi sudah dikuasai oleh pemain-pemain besar, bukan berarti kamu harus gentar. kamu tetap bisa membangun bisnis digital di bidang transportasi dengan konsep yang berbeda-beda, dan bisa memberikan kepuasan kepada konsumen.
2. E-Commerce
Sisters, E-commerce di Indonesia juga memiliki perkembangan yang cukup signifikan. Buktinya setiap e-commerce selalu mendapat jumlah pengunjung yang banyak setiap harinya. E-commerce yang kata lainnya adalah Toko online menjadi sarana pebisnis retail untuk mengubah haluan mereka dari offline ke online. Tentunya ini membuka toko-toko online lainnya.
Saat ini perkembangan e-commerce memang cukup menjanjikan. Cukup banyak e-commerce yang sudah cukup berkembang di Indonesia, sebut saja Berrybenka.com, Blanja.com, dan Elevenia serta masih banyak toko online yang ada di Indonesia. Konsep toko online sendiri memiliki dua konsep, yakni B2B atau B2C.
3. Marketplace
Sisters, jika kamu ingin terjun ke dunia digital, maka kamu harus paham perbedaan Marketplace dan e-commerce atau toko online. Toko online sudah kita bahas, kini kita bahas mengenai marketplace. Marketplace adalah toko online yang menyiapkan tempat untuk para pedagang berjualan di tempat mereka.
Marketplace dapat dikatakan seperti Mall. Dimana disana terdapat pedagang-pedagang yang menjajakan barang dagangannya dengan berbagai jenis. Inilah konsep marketplace itu sendiri. Di Indonesia, marketplace cukup banyak. Kita bisa mengetahui Lazada.co.id, Tokopedia.com, dan Bukalapak ketiganya adalah Marketplace bukan e-commerce.
Peluang bisnis digital di Indonesia untuk posisi marketplace masih cukup menjanjikan meskipun sudah dikuasai oleh pemain besar, bukan berarti tidak ada kesempatan untukmu maju sebagai pengusaha dalam bidang Marketplace. kamu bisa bersaing di bidang ini, Sisters.