Sisters, TikTok memang nggak cuma menyajikan video singkat, aplikasi ini pun menjanjikan peluang bagi penggunanya.
Nah, kamu juga bisa, lho, dapat cuan dari aplikasi itu, Sisters. Ada beberapa cara menghasilkan uang dari aplikasi TikTok untuk semua pengguna, baik pemilik brand, akun pribadi hingga pemula. Semua bisa menghasilkan cuan tanpa henti dari TikTok. Simak penjelasannya!
1. Bangun Akun TikTok agar Bisa Jadi Influencer
Pertama-tama, kamu perlu membuat konten video singkat dan unggah di akun TikTok yang dimiliki. Pastikan agar video ini bisa masuk FYP atau for you page, dimana konten video akan mendapatkan lebih banyak respon dari pengguna TikTok lainnya.
Karena FYP ini hampir mirip dengan fitur explore di Instagram, sehingga video singkat kamu bisa tampil dan mendapat respon lebih banyak. Hal ini tentu akan berimbas dengan meningkatnya jumlah views di video yang lainnya, sehingga engagement juga akan turut meningkat.
Agar video bisa menarik perhatian, jangan lupa untuk membuatnya dengan kualitas video yang baik, jangan lupa ikuti challenge atau tren yang sedang berlangsung. Selain itu, tambahkan musik latar yang easy listening atau enak didengar, pastikan juga gunakan tagar yang tepat agar memudahkan pencarian. Satu hal lagi yang terpenting, jangan batasi kreatifitas kamu dan selalu berkarya.
2. Postingan Sponsored Content
Memposting konten dari sponsor merupakan salah satu cara mudah mempromosikan sebuah brand jika kamu seorang influencer TikTok. Biasanya, sebuah brand atau agensi akan mempertimbangkan lebih dulu tingkat engagement yang dimiliki content creator TikTok tersebut. Misalnya dari jumlah like, followers, hingga jumlah tayangan pada video-videonya.
Klien kemudian akan memberikan penilaian apakah followers dari content creator tersebut cocok atau tidak dengan target pasar dari suatu brand atau produk. Cara ini cocok bagi para content creator TikTok dengan jumlah followers cukup banyak, ribuan lebih. Sehingga pastikan untuk memperhatikan soal jumlah followers dari akun TikTok sebelum menyetujui tawaran untuk posting sponsored content.
3. Payout Coins atau Donasi
Donasi atau payout coins adalah yang akan diberikan followers saat kamu sedang live streaming melalui aplikasi TikTok.
Konsepnya, ketika sedang melakukan live streaming, para viewer bisa memberikan komentar dengan stiker gift. Nantinya gift ini bisa ditukarkan di TikTok dengan uang. Sticker gift ini dikirimkan para viewer sebagai sebuah bentuk apresiasi atas usaha yang dilakukan content creator untuk menghasilkan konten menarik di TikTok.
Untuk mendapatkan sticker tersebut, para viewer harus mengeluarkan uang untuk membelinya terlebih dahulu. Sehingga agar bisa mendapatkan timbal balik yang sesuai dan juga komitmen dari viewer, usahakan untuk menciptakan konten video TikTok yang memberikan value dan bermanfaat.
4. TikTok Manager
Untuk menjalani profesi ini, memang diperlukan seseorang yang punya visi dan tantangan untuk bisa berkembang. Kamu perlu mengelola sebuah akun TikTok punya orang lain dan mengembangkannya agar lebih luas jangkauannya.
Jasa untuk mengelola akun TikTok ini sangat cocok buat kamu yang memang pahami dengan dunia marketing. Secara umum, TikTok manager punya beberapa tugas yang harus dilakukan, berikut diantaranya:
Agensi adalah sebagai perantara dari kedua pihak yang saling membutuhkan.
Agensi influencer cocok dijadikan lahan untuk menghasilkan cuan, terutama yang punya skill di ranah content marketing serta video marketing. Tak hanya sebagai perantara, ia juga mengelola kerjasama yang terjadi antara influencer dan juga brand.
Jika punya ketertarikan dalam membangun agensi Influencer, maka kamu bisa mengambil peluang ini. Pertama, jangan dulu mematok harga tinggi, berikan harga terjangkau dibandingkan penawaran TikTok di Creator Marketplace.
Dengan tingginya traffic penggunaan aplikasi berbagi video singkat ini di Indonesia, peluang sebagai seorang agensi influencer masih sangat terbuka lebar. Pastinya menghasilkan uang dari aplikasi ini menjadi hal yang cukup mudah jika ditekuni dengan serius dan profesional.
6. TikTok Marketing
Cara ini dilakukan oleh para pemilik brand yang ingin menarik lebih banyak lagi konsumen di bisnisnya. TikTok Ads menjadi cara berpromosi paling efektif agar bisa mendapatkan cuan dari platform satu ini.
TikTok juga memiliki algoritma tersendiri yang mampu membantu iklan brand bisa dilihat oleh target. Ini karena aplikasi ia mampu merekam seluruh data histori tontonan penggunanya, sehingga sajian iklan yang ditampilkan jauh lebih personal.
Selain itu, algoritma TikTok pun rutin melakukan kegiatan remarketing selain juga targeting pada audiens. Sehingga, iklan akan disuguhkan kembali pada audiens yang sudah berinteraksi dengan tampilan iklan sebelumnya. Hal ini akan membantu audiens untuk mengenal lebih dalam soal brand, lalu tertarik untuk membeli produk dari brand tersebut.
7. Memperjual-belikan Akun TikTok
Kamu harus sudah punya akun TikTok dengan engagement tinggi dan jumlah followers yang banyak.
Beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan untuk meningkatkan engagement pada suatu akun TikTok adalah dengan cara:
Setelah akun TikTok yang dikembangkan sudah mulai besar, lalu jual akun tersebut ke brand maupun perusahaan yang membutuhkannya, terutama dengan minat yang sama.
Cara dianggap bisa berhasil dikarenakan target promosi yang perusahaan atau brand perlukan hanya menyasar pada mereka yang punya minat yang tak jauh berbeda dengan niche bisnis mereka.
Cara jual-beli akun TikTok ini lazim dikerjakan karena brand atau perusahaan yang bisa mengelola akunnya dari nol masih sangat sedikit. Sebagai tambahan, agar tampak lebih profesional, kamu bisa mengubah tampilan display akun TikTok yang dijual melalui situs khusus.
Gimana? Tertarik dapat cuan dari TikTok, Sisters?