Media sosial, terutama Instagram, menjadi salah satu corong promosi atau marketing yang cukup efektif untuk perkembangan bisnismu, Sisters. Maka dari itu, banyak yang menggunakan Instagram untuk menjangkau lebih banyak pelanggan, meningkatkan penjualan, mencari insight baru soal calon pelanggan, dan sebagainya.
Meski Instagram dikatakan bagus untuk perkembangan bisnis, apakah akan bisa sepenuhnya efektif ketika kamu menerapkannya pada bisnismu? Nah, untuk itu, ini dia beberapa tips yang bisa kamu terapkan jika ingin menguasai Instagram untuk bisnis. Simak, yuk!
Setiap produk yang dibuat idealnya memiliki solusi yang memang bermanfaat bagi para penggunanya. Nah, jika ingin menggunakan Instagram untuk bisnis, fokuslah pada solusi, bukan produk yang kamu jual.
Kemudian, jabarkan solusi tersebut lewat konten visual yang menarik. Manfaatkan bentuk konten seperti foto, video, GIF, Boomerang, atau hal lain yang mengundang interaksi para pengguna Instagram.
Contoh, kamu menjual produk sepatu. Dibanding hanya memotret produk saja, mengapa tidak memposting video atlet yang sedang berlari dengan menggunakan sepatu buatanmu? Kamu pun juga bisa menggunakan Instagram Stories untuk memperbanyak interaksi. Posting konten secara reguler dan teruslah mendekatkan diri pada pengguna Instagram lainnya.
Pada profil Instagram untuk bisnismu, cobalah untuk memuat bio yang menarik. Kamu bisa mencontoh salah satu platform streaming film Indonesia yang selalu memuat bio nyeleneh dan personal, yang tentu saja berkaitan dengan film-film yang bisa ditonton di platform mereka.
Jelas di sini bahwa platform tersebut tidak secara gamblang menulis deskripsi mengenai siapa diri mereka. Sebaliknya, bio di Instagram membuat para pengikut jadi penasaran!
Kemudian, jangan lupa manfaatkan link di Bio Instagram bisnismu dan pastikan untuk mengganti tautannya secara berkala, ya, Sisters!
Tingkatkan peluang profil bisnis atau produk yang kamu jual dikenal lebih banyak orang, lewat penggunaan hashtag! Hashtag bisa kamu letakkan pada caption atau pada bagian komentar, tergantung keinginanmu, Sisters.
Penting diingat, pengguna Instagram menggunakan hashtag untuk mencari konten yang memang ingin mereka temukan. Untuk itu, gunakanlah hashtag yang sesuai agar konten yang kamu posting pada Instagram untuk bisnismu, juga sesuai dengan apa yang dicari pengguna.
Oh ya, kamu juga bisa menjadikan nama bisnis atau nama perusahaan sebagai hashtag, ya!
Kolaborasi merupakan salah satu kunci sukses yang bisa dilakukan jika ingin mengembangkan Instagram untuk bisnismu, lho, Sisters.
Misalnya, makeup adalah produk yang kamu jual. Untuk mengenalkan makeup tersebut, kamu berkolaborasi dengan para beauty influencer di mana mereka memberikan tutorial penggunaan makeup, yang mana produknya merupakan produkmu.
Mintalah kreator tersebut untuk mention akunmu, tag, serta menggunakan hashtag yang berkaitan dengan produkmu.
Lalu, jangan hanya meminta publikasi lewat foto atau video yang di-posting di feed saja. Manfaatkan Insta Stories juga, dong! Alasannya, tidak sedikit pelanggan suka melihat Insta Stories lantaran cenderung lebih update.
Bagaimana, Sisters, sudah siap dengan segala bisnis yang ingin kamu jalankan?