Hai Sisters! Kalau mendengar kata startup, apa yang ada dalam pikiranmu? Banyak yang berpikiran bahwa industri baru yang masih berada dalam tahap pengembangan ini banyak didominasi dan dipelopori oleh kaum Adam.
Nah, di Indonesia sudah banyak sekali sosok-sosok yang berhasil menembus dunia startup dengan ide-ide cemerlang dan eksekusi yang patut diacungi dua jempol, lho, Sisters. Tapi kamu harus tahu, bahwa 10 orang di antaranya adalah perempuan! Mereka didaulat sebagai wirausahawan perempuan yang sukses mendobrak dunia startup. Yuk, kita berkenalan dengan para pengusaha cantik ini, Sisters!
Pendiri toko buku online Kutukutubuku ini telah berhasil mengembangkan bisnisnya dalam bidang literatur, Sisters. Ia juga mendirikan Nulisbuku, sebuah wadah bagi para penulis untuk mempublikasikan tulisan-tulisan mereka secara mandiri. Hebatnya lagi, ia sudah memulai bisnisnya ini sejak tahun 2006. Padahal di tahun tersebut belum banyak orang yang melihat internet sebagai sarana bisnis yang baru.
Kamu pasti pernah mendengar atau berbelanja di Zalora, kan, Sisters? Nah, Catherine adalah perempuan kreatif di balik Zalora, pusat belanja fashion online yang resmi beroperasi di Indonesia pada tahun 2012. Untuk membangun bisnisnya ini, ia melakukan sebuah pengorbanan besar yaitu melepaskan pekerjaannya di McKinsey & Company. Wow!
Sisters, kalau kantormu membutuhkan jasa katering untuk para karyawan, kamu bisa menghubungi Cynthia. Cynthia adalah koki yang menyiapkan resep sukses Berrykitchen, layanan pengiriman makan siang yang digemari oleh para pekerja kantoran. Berrykitchen telah sukses menggandeng para investor besar yang percaya pada kemampuannya mengembangkan bisnis katering modern ini, Sisters.
Tadinya BerryBenka hanyalah toko online kecil-kecilan yang dirintis oleh kedua wanita ini pada tahun 2011, lho, Sisters. Setelah mengalami pengembangan dan inovasi, BerryBenka berhasil menjadi e-commerce yang menyediakan segala kebutuhan wanita dan pria yang ingin tampil maksimal. Saat ini BerryBenka telah menerima investasi sejumlah lebih dari enam puluh miliar rupiah. Wow banget, kan?
Sisters, HijUp adalah sebuah e-commerce yang diluncurkan oleh Diajeng Lestari. Berbeda dengan e-commerce lainnya, HijUp berkonsetrasi pada penjualan pakaian dan aksesoris yang khusus ditujukan untuk kaum Muslim Indonesia. Diajeng memulai usahanya di 2011 dan ia pun akan melangkah ke pasar internasional tahun ini.
Untuk kamu yang sedang mencari koleksi lingerie baru, silakan mampir di toko lingerie online Donna, Lolalola. Bisnis ini sukses dirilis pada tahun 2014 dan telah menggaet kerja sama dengan berbagai perusahaan di Hongkong. Tentu saja kesempatan Donna untuk segera mengembangkan usahanya di kancah internasional pun terbuka sangat lebar.
Direktur Rumah Sakit Mayapada ini mengembangkan sayapnya dalam dunia kesehatan dengan menciptakan PilihDokter. Bisnis yang berdiri pada tahun 2014 ini menawarkan bantuan untuk berbagai masalah kesehatanmu dengan cara menjadi wadah bagi para pasien dan dokter untuk bertemu dan saling berdiskusi secara online. Wah, keren banget, bukan?
Sisters, Doku adalah wadah pembayaran online yang didirikan sekaligus dikepalai oleh Nabilah. Usaha ini disambut hangat oleh berbagai perusahaan besar di Indonesia dan Asia seperti Air Asia dan Sinar Mas. Mereka tak ragu untuk memercayakan masalah pembayarannya pada startup Nabilah. Rahasia suksesnya adalah berani mengambil risiko dan mewujudkan mimpinya, bahkan ketika itu berarti dia harus meninggalkan pekerjaan lamanya di Kementerian Pariwisata Indonesia.
Gimana, Sisters, keren-keren bukan? Nah, kamu sudah terinspirasi oleh mereka?
Image header: Instagram / @diajenglestari