Hai Sisters! Dalam strategi digital marketing, media kirim pesan mempunyai peranan yang sangat penting sebenarnya. Karena ia menjadi garda terakhir dari semua sistem funnel pemasaran yang kita gunakan. Media kirim pesan biasa digunakan calon konsumen untuk mengkonfirmasi bahwasanya mereka sedang belanja kepada pihak yang memang dapat dipercaya.
Selain itu, media kirim pesan juga dapat kita gunakan untuk merawat ulang hubungan kita dengan para pelanggan atau kolega bisnis kita. Sehingga bisa katakan, kita sebagai pelaku UKM wajib hukumnya untuk mengelola kontak yang ada di media kirim pesan kita.
Berikut adalah pentingnya kita mengelola kontak konsumen:
Nah, di smartphone ini, sebenarnya sudah dilengkapi dengan fitur pengelolaan kontak yang super lengkap. Kalau dulu kita hanya bisa menyimpan nama dan nomer seluler saja, kini kita bisa menyimpan data kontak dengan lengkap karena smartphone era sekarang telah menyiapkan begitu banyak kolom data untuk memudahkan kita melengkapi informasi atas seseorang, khususnya mitra bisnis dan pelanggan setia kita.
Bukan hanya nama dan nomor HP, kolom jabatan, nama organisasi/perusahaan, alamat, email, tanggal penting, jenis hubungan (misalnya konsumen, pelanggan, pemasok, reseller, dropshipper, dll), sampai email dan catatan khusus (notes) telah disediakan.
Dalam mengelola database kontak, sebisa mungkin kita lengkapi selengkap-lengkapnya. Karena hal ini akan sangat membantu saat kita mengoptimalisasi strategi komunikasi pemasaran melalui media kirim pesan ini. Baik itu untuk mengelola prospek calon pelanggan ataupun mengelola pelanggan yang sudah lama agar tetap menjadi loyal ke kita.
Dan tentu saja memudahkan kita dalam menjaga hubungan baik dengan mitra usaha seperti pemasok bahan baku, reseller, ataupun dropshipper.