Info ini bisa Sisters jadikan insight untuk maksimalkan penjualan pada di momen Ramadan. Simak infonya berikut ini, yuk!
1. Rata-rata Gen Z Keluarkan Anggaran Kurang Dari Rp 1,5 Juta Untuk Persiapan Ramadan
Berdasarkan hasil survei Populix, sebanyak 79,9% responden Gen Z mengeluarkan anggaran kurang dari Rp 1,5 Juta untuk persiapan Ramadan. Dari data tersebut para Sisters akan mulai dibanjiri orderan dari 2-3 minggu sebelum Ramadan.
Dalam memaksimalkan penjualan pada momen tersebut, Sisters sudah harus melakukan persiapan yang matang. Seperti salah satunya dengan memastikan stok produk aman, responsif melayani pelanggan, hingga menyiapkan jasa pengiriman yang tepat untuk pengiriman makanan antar kota.
2. Makanan Jadi Produk Prioritas yang Dibeli Gen Z Saat Ramadan
Makanan menjadi produk yang diprioritaskan dibeli Gen Z saat bulan Ramadan. Sebagian besar responden Gen Z memilih membeli makanan (64,5%) dan kue kering (48,3%) saat bulan Ramadan. Hal tersebut dapat menjadi peluang bagi Sisters yang ingin menjalankan bisnis pada momen tertentu seperti Ramadan. Kamu pun juga bisa memanfaatkan permintaan tersebut dengan memaksimalkan produk pada bisnis kulinermu maupun membuka bisnis baru.
3. Gen Z Gunakan Satu Aplikasi Ini Untuk Beli Produk Ramadan
Gen Z biasa membeli produk kebutuhan Ramadan secara online. Sisters bisa memaksimalkan penjualan selama Ramadan dengan memanfaatkan penggunaan platform online. Dalam menjangkau calon pelanggan Gen Z, Sisters dapat gencar mempromosikan produkmu melalui media sosial, mengoptimalkan platform belanja online, hingga melakukan iklan.
4. Gen Z Rencanakan Pergi ke Luar Rumah atau Buka Puasa Bersama di Bulan Ramadan
Sebanyak 67% responden Gen Z merencanakan untuk pergi ke luar bersama atau buka puasa Bersama. Bagi Sisters yang juga memiliki toko offline bisa mempersiapakan hal tersebut dengan matang di Ramadan berikutnya. Misalnya dengan inovasi produk seperti menambah menu paket untuk dimakan bersama-sama.
Momen khusus seperti Ramadan memang menjadi peluang yang bagus bagi bisnis untuk meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis. Maka dari itu, penting untuk menentukan strategi yang tepat dengan diantaranya mengetahui perilaku konsumen atau target bisnismu pada momen tersebut.
Semangat Sisters!