Sisters, dalam mengelola bisnis yang mumpuni, bukan hanya seputar aktivitas operasionalnya saja. Tapi, manajemen juga perlu dilakukan dalam banyak hal lainnya yang berkaitan dengan bisnis. Salah satu contohnya adalah pengelolaan pada ilmu pengetahuan atau bisa juga disebut sebagai knowledge management, yaitu sebuah teori pengelolaan atau manajemen ilmu pengetahuan.
Pengelolaan ilmu pengetahuan tersebut amat penting untuk dilakukan oleh semua pebisnis, khususnya yang masih pemula karena pengetahuan dan wawasan menjadi aspek krusial untuk mengembangkan bisnis. Pengetahuan yang telah didapatkan tentu harus dapat dikelola secara optimal agar mampu memberi dampak positif pada perkembangan bisnis.
Yuk, simak lebih lanjut tentang manfaat dan apa saja keuntungan menerapkan knowledge management dalam bisnis!
Manfaat
Adanya knowledge management begitu penting dibutuhkan oleh perusahaan dengan skala mikro hingga besar. Di samping itu, paling tidak ada 5 manfaat yang penting untuk dipahami, antara lain:
- Lebih Efisien Mengambil Keputusan Bisnis
Pengambilan keputusan oleh perusahaan yang memiliki pengelolaan pengetahuan sudah pasti bisa dilakukan dengan lebih mudah dan efektif. Konsep tersebut mampu membantu perusahaan mendapatkan akses pendapat serta pengalaman berbeda, dan menciptakan perspektif lain guna mengambil keputusan dengan lebih tepat. Jadi, keputusan yang diambil secara efektif mampu memberi dampak yang positif terhadap perusahaan maupun pihak lain yang juga berkepentingan.
- Lebih Mudah Mengakses Pengetahuan dan Informasi
Adanya knowledge management mampu mempermudah proses akses informasi maupun individu yang memiliki pengetahuan untuk kebutuhan perusahaan. Hal ini bisa meningkatkan produktivitas dari setiap pihak dalam sebuah perusahaan, sehingga kinerjanya pun juga menjadi lebih efektif.
- Efisiensi pada Setiap Unit Operasional
Melalui pengelolaan wawasan atau pengetahuan ini pula perusahaan mampu menjadikan setiap bagian dari organisasinya lebih mudah dan cepat mengakses informasi baru. Kinerja para karyawan pun bisa menjadi lebih cepat. Tidak hanya itu, melalui kolaborasi antara teknologi dan sumber daya manusia perusahaan mampu memperbaiki performanya secara menyeluruh.
- Cepat Menciptakan Perubahan dan Inovasi
Pengelolaan pengetahuan ini juga bisa menjadi sarana mendapatkan informasi pada semua elemen perusahaan dan membantu proses inovasi serta perubahan dengan lebih cepat. Kemudian, hal ini akan mampu memberi dampak positif terhadap perkembangan perusahaan serta membantu terciptanya perubahan pada dunia bisnis.
- Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
Jika semua karyawan dan individu di perusahaan bisa mendapatkan informasi dengan cepat, nilai yang mampu ditawarkan perusahaan tentu akan meningkat pula. Hal ini berkaitan pula dengan kualitas pelayanan yang bisa diberikan kepada konsumen atau pelanggan. Melalui informasi dan pengetahuan pula perusahaan mampu memperbaiki kualitas produk sehingga lebih mampu memenuhi kebutuhan konsumen dan meningkatkan kepuasannya.
Keuntungan
- Kinerja lebih efisien.
- Penciptaan produk maupun jasa yang lebih berkualitas.
- Pengembangan strategi dengan lebih efektif.
- Peningkatan laba perusahaan.
- Peningkatan efisiensi operasional serta produktivitas karyawan.
- Memaksimalkan penggunaan kemampuan dan keahlian yang sudah ada sebelumnya.
- Mengetahui tren pasar serta bisa mengambil langkah bisnis lebih cepat ketimbang kompetitor.
- Adanya kolaborasi berdasarkan pengetahuan dan wawasan mampu memberi pandangan serta opini lebih beragam terkait proses pengambilan keputusan. Sehingga, semua keputusan yang diambil perusahaan pasti bisa didasarkan pada keahlian serta pengalaman yang bersifat kolektif.
Kelemahan
Walaupun memiliki beragam keuntungan di atas, penerapan knowledge management juga memiliki beberapa kelemahan. Berikut ini di antaranya:
- Sulit menemukan cara efisien dalam mencatat wawasan atau pengetahuan terkait bisnis.
Semua informasi dan sumber yang didapatkan berisiko gampang ditemukan orang lain.
- Lebih sulit mendorong individu untuk saling menggunakan, membagi, serta menerapkan pengetahuan.
- Sulit mengintegrasikan pengelolaan pengetahuan dengan semua tujuan serta strategi dari bisnis perusahaan.
- Penentuan dan penerapan teknologi pengelolaan pengetahuan menjadi lebih menantang.
- Membutuhkan waktu untuk mengintegrasikan pengelolaan pengetahuan pada proses maupun sistem informasi yang telah ada sebelumnya.
- Tingkatkan Informasi dan Pengetahuan Perusahaan dengan Knowledge Management
Nah, Sisters, sebagai alat, metode, atau strategi yang berguna untuk mempertahankan, mengorganisir, menganalisis, meningkatkan, dan membagikan informasi, perusahaan tentu wajib mengetahui pengertian dari pengelolaan pengetahuan ini. Barulah dengan begitu efisiensi perusahaan bisa meningkat dan lebih mudah dalam menyimpan atau mengelola pengetahuan yang telah didapatkan untuk keperluan bisnis maupun operasionalnya.