Hai Sisters! Memproduksi suatu barang tidak boleh asal-asalan. Perusahaan perlu memperkirakan jumlah yang ingin diproduksi agar barang produksi tidak mubazir di gudang. Di sisi lain, hal ini membantu menghemat cost untuk meminimalisir kerugian perusahaan.
Forecasting adalah salah satu cara yang tepat untuk mengatasi permasalahan yang terjadi dalam perjalanan sebuah bisnis. Forecasting memegang peranan penting, makanya seorang forecaster sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Selengkapnya mengenai forecasting akan dibahas dalam poin-poin berikut ini, ya!
Forecaster adalah sebuah pekerjaan yang menjanjikan. Terlebih lagi karena bisnis kini mengalami perkembangan yang cukup pesat di tanah air. Jika ingin menjadi seorang forecaster, kamu bisa lakukan beberapa tips berikut ini.
Profesi forecaster wajib memiliki kemampuan analisis yang baik. Analisisnya tidak sempit, melainkan luas dengan memperhatikan jumlah kompetitor yang ada di luar sana. Sebab, kompetitor sangat mempengaruhi perjalanan bisnis dalam jangka panjang.
Selain kompetitor, kamu juga harus mampu menganalisis perilaku konsumen. Produk seperti apa yang kira-kira konsumen inginkan, jadi perusahaan dapat memproduksi produk yang sesuai. Kemampuan analisis yang baik membantu perusahaan berkembang pesat.
Sebagai forecaster, kamu pun dituntut untuk memiliki kreativitas yang tinggi. Produk yang disarankan untuk diproduksi memiliki keunikan tersendiri. Hal ini yang akan membedakan antara produk perusahaan dan kompetitor.
Kamu harus mampu berpikir out of the box atau berbeda dari yang lain. Pemikiran ini harus didasarkan atas pertimbangan, analisis, sebab, dan akibat yang terjadi di masa mendatang. Jadi, kreatifnya tidak asal-asalan.
Agar dapat bersaing di tengah tingginya persaingan, kamu harus peka terhadap perubahan yang ada di sekitar. Misalnya dalam hal tren, kamu harus tahu letak perubahan tren saat ini dan di masa lalu. Dari sini, kamu bisa menciptakan produk yang berbeda dan tidak terkesan membosankan.
Sebab, sebagian besar masyarakat mengikuti tren agar bisa terlihat up to date. Perubahan yang dilakukan bisa signifikan atau minimal, asalkan unik. Dalam hal ini, kamu harus lebih sering memperhatikan pasar untuk meningkatkan kepekaan terhadap perubahan.
Seorang forecaster tentunya tidak bekerja sendirian untuk memprediksi penjualan di masa mendatang. Forecaster mempunyai tim yang sudah dibagi berdasarkan tugas, dan tanggung jawab masing-masing. Tenaga kerja yang dilibatkan dalam tim adalah yang kompeten agar dapat membuat perencanaan yang baik demi kemajuan perusahaan.
Kamu sendiri selaku bagian dari tim harus mampu memberikan kontribusi terbaik. Teruslah belajar dari orang yang berpengalaman untuk meningkatkan kompetensi di bidang forecast. Ilmu yang didapatkan bisa menjadi bekal untuk menapaki karier yang lebih tinggi di bidang forecast.
Kamu pun harus memahami cara kerja media. Sebab, perkembangan tren sendiri biasanya diberitakan lewat media yang ada. Entah itu media tradisional maupun media sosial.
Meningkatkan jam kerja di media atau sering membuka media dapat membantumu untuk lebih memahami cara kerjanya. Kemampuan ini akan memudahkanmu dalam bekerja. Apalagi pekerjaanmu mengacu pada banyak data.