Seperti halnya dalam kehidupan pribadi, pemberian hadiah bisa menjadi bagian yang berarti dari kehidupan profesional dan hubungan bisnis, Sisters.
Nah, di bawah ini, ada beberapa alasan dan 3 hal yang perlu kamu pertimbangkan saat memberikan hadiah kepada pelanggan-pelangganmu, Sisters.
1. Mengapa Perlu Memberikan Hadiah?
Pemberian hadiah adalah cara ideal untuk membangun hubungan dengan klien atau pelanggan dan untuk menunjukkan bahwa kamu peduli.
Bagaimanapun, klien adalah sumber pemasukan perusahaan, mengirim hadiah ulang tahun, terima kasih, atau liburan adalah hal yang tepat untuk dilakukan.
Kamu bisa menggunakan hadiah sebagai isyarat yang mengomunikasikan banyak sentimen kepada klien, termasuk rasa terima kasih, penegasan hubungan kerja yang kuat dan lainnya.
2. Siapa yang Harus Memberikan Hadiah?
Sifat pemberian hadiah itu sifatnya pribadi, bukan tugas untuk diserahkan ke departemen pemasaranmu.
Sebaliknya, orang dalam organisasi yang memiliki hubungan terdekat dengan klien ataupun pelanggan lah yang seharusnya memberikan hadiah.
Di banyak perusahaan, yang biasanya memberikan hadiah kepada klien ataupun pelanggan ialah manajer penjualan, atau mungkin tim yang terdiri dari staf penjualan, pemasaran, dan pendukung.
3. Kapan Harus Memberikan Hadiah?
Ketika bisnis pertama kali dimulai, sebagai ucapan selamat, dalam perayaan ulang tahun klien, ataupun ucapan selamat saat hari-hari besar.
Pada dasarnya, waktu yang tepat untuk memberikan hadiah adalah ketika kamu ingin memberi tahu bahwa kamu menghargainya.
Menjaga relasi di dalam dunia bisnis memang sangatlah penting, tak hanya kepada perusahaan yang bekerjasama saja, tetapi para pelanggan loyal pun harus diperhatikan.
Semakin loyal dan pelangganmu puas terhadap pelayananmu, kemungkinan nama usaha yang kamu jalani semakin terkenal menjadi besar, kan, Sisters?