Menjadi seorang pemilik bisnis apalagi saat masih merintis dituntut untuk selalu produktif dan banyak berpikir. Produktif sendiri bukan selalu berarti sibuk dan menghabiskan banyak waktu tapi menggunakan waktu yang dimiliki dengan seefektif mungkin sehingga mampu menghasilkan entah pemikiran, keputusan, atau eksekusi dari rencana-rencana yang sudah dibuat. Sayangnya, banyak yang tak bisa melakukannya dengan baik dan hilang fokus serta mudah teralihkan di tengah jalan.
Tenang, kalau kamu mengalaminya juga, ternyata ada beberapa hal menyenangkan yang mungkin belum kamu ketahui yang ternyata bisa meningkatkan tingkat produktivitas lo. Simak yuk siapa tahu bisa ditularkan juga ke karyawanmu nanti!
Salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas adalah dengan mengurangi terjadinya kesalahan. Menurut sebuah penelitian yang dibagikan HR Grapevine, seseorang akan membuat kesalahan 20% lebih sedikit saat ruangannya memiliki aroma lavender, 33% lebih sedikit jika aromanya melati, dan 54% kesalahan berkurang saat ruangannya memiliki aroma buah lemon.
2. Walau kelihatannya sepele ternyata jalan kaki bisa membukakan ide-ide kreatif yang mungkin selama ini tersimpan terlalu dalam di otakmu
Saat merasa stuck dan kehabisan ide untuk melakukan inovasi dalam bisnismu, mungkin saatnya kamu memperbanyak berjalan kaki. Pasalnya, menurut sebuah penelitian dari Stanford University yang berjudul Experimental Psychology: Learning, Memory, and Cognition, jalan kaki dapat membuka aliran ide dan dianggap sebagai suatu hal yang sederhana namun cukup efektif untuk meningkatkan kreativitas dan aktivitas fisik. Efek ini akan berlanjut bahkan saat kamu sudah duduk dan bekerja lagi lho.
Saat perlu terus menerus fokus dalam waktu yang lama maka kamu mungkin bisa mulai mengunyah permen karet. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dibuat oleh Kate Morgan dan kawan-kawan di Cardiff University yang diterbitkan oleh British Journal of Psychology. Penelitian melibatkan 38 orang yang yang dibagi dua grup untuk mendengarkan suatu tes. Hasilnya mereka yang mengunyah permen karet lebih cepat bereaksi dan memiliki jawaban yang lebih akurat dan cukup konsisten sampai tes berakhir daripada yang tidak.
Pekerjaan yang cukup sulit cenderung akan membuatmu terus kepikiran. Makanya jika memutuskan untuk mengerjakan hal yang lebih mudah dulu kemungkinan kamu akan lebih sulit untuk fokus, akhirnya hasilnya jadi kurang maksimal. Itulah sebabnya sebaiknya memilih untuk mengerjakan hal yang paling sulit dulu di awal hari.
Menurut sebuah penelitian dari Barkeley Lab yang berjudul Room Temperature and Productivity at Work, suhu ruangan menjadi salah satu hal yang mempengaruhi performa seseorang ketika bekerja termasuk memproses pesan, hitung-hitungan, hingga berkaitan dengan pelayanan terhadap konsumen. Hasil dari penelitian tersebut adalah tingkat produktivitas naik pada suhu 21-22° Celcius dan menurun pada suhu 23-24º Celcius, yang tertinggi pada suhu 22º Celcius.
Kedengarannya mungkin kamu bisa menyelesaikan banyak hal sekaligus dengan metode ini tapi nyatanya justru pekerjaan yang kamu lakukan bebarengan justru memiliki hasil yang kurang maksimal dan membuatmu jadi lebih stres. Pada akhirnya, malah akan ada pekerjaan yang harus diulang dan memakan waktu dua kali lipat.
Awalnya mungkin kamu hanya berencana membalas pesan saja namun kalau tidak dikontrol kamu bisa tahu-tahu menghabiskan waktumu di media sosial. Tanpa terasa, beberapa jam terlewat begitu saja tanpa ada yang dikerjakan, padahal dibuka nanti atau sekarang kamu tetap bisa mengikuti update yang sedang dibicarakan di sana kok.
Nah, itu dia hal-hal yang kelihatannya sepele tapi ternyata bisa meningkatkan produktivitas. Ternyata tak harus selalu hal yang muluk-muluk namun bisa juga berupa hal-hal yang menyenangkan dan mungkin selama ini sering kamu lakukan tanpa sadar.