Hai Sisters! Ketika membuka bisnis makanan atau minuman, tentunya banyak hal yang perlu kamu perhatikan untuk mempertahankannya, salah satunya adalah mengikuti tren. Kamu penasaran tren makanan apa saja yang bisa kamu jadikan peluang untuk memulai bisnis?
Berdasarkan survei Populix PopVoice yang dilakukan kepada 1.700 kalangan Gen Z dan 1.500 kalangan Millennial, menunjukkan bahwa makanan dan minuman termasuk urutan teratas yang memiliki frekuensi belanja online paling banyak.
Dari data tersebut dapat diketahui, minat sebagian besar orang dalam membeli makanan dan minuman melalui media online menjadi sebuah peluang baik untukmu yang ingin membuka usaha tersebut melalui media online.
Sebelum memutuskan untuk membuka usaha makanan, kamu perlu mencari tahu banyak hal agar bisnismu bisa laris manis dan bertahan dalam jangka waktu yang lama.
Berikut adalah beberapa tren makanan di kalangan Gen Z dan Millennial yang bisa kamu jadikan usaha:
1. Dimsum
Dimsum adalah makanan ringan yang dibuat dengan cara dikukus dan digoreng. Makanan ringan yang satu ini berasal dari Cina dan cukup populer di Indonesia, lho.
Dimsum menempati urutan pertama sebagai makanan yang paling populer di kalangan Gen Z dan Millennial, Sisters. Di kalangan Gen Z makanan ringan yang satu ini memperoleh suara sebanyak 12,1 persen, sedangkan di Millennial memperoleh sebanyak 12,3 persen suara.
Oleh karenanya, kamu bisa memasukkan dimsum ke dalam daftar usaha Bunda. Bunda juga disarankan untuk menjual makanan ini dengan inovasi baru yang lebih menarik lagi.
2. Ramen
Siapa yang tak kenal dengan makanan yang satu ini? Bunda pecinta drama Korea atau Jepang mungkin sudah tidak asing lagi dengan ramen. Meski ramen berasal dari Jepang, makanan mi yang satu ini cukup populer di Indonesia, terutama di kalangan Gen Z dan Millennial, Sisters.
Di kalangan Gen Z, ramen memperoleh suara sebanyak 9,4 persen dan 10,4 persen di kalangan Millennial. Mi asal Jepang ini menempati peringkat kedua di dua kalangan tersebut, lho, Sisters.
3. Pizza
Berdasarkan hasil survei Populix, Pizza menjadi salah satu makanan favorit Gen Z dengan persentase tertinggi sebesar 33% dari luar Pulau Jawa. Makanan asal Italia ini bisa Kamu tawarkan dengan menyajikan menu yang unik dan bervariasi dengan berbagai pilihan topping. Serta, menyediakan ukuran pizza yang beragam dengan harga terjangkau.
3. Donat
Kamu pasti sudah tak asing lagi dengan jenis makanan satu ini. Donat merupakan salah satu camilan yang cukup akrab di semua kalangan dari anak kecil hingga dewasa dengan terdapat beragam jenis varian.
Dalam hasil survey pada Gen Z, 33% Gen Z luar Jawa menyukai donat, diikuti Gen Z Jabodetabek (29%) dan Gen Z dari Jawa tanpa Jabodetabek (27%).
4. Topokki
Saat ini Makanan khas Korea menjadi tren kuliner baru yang digemari banyak orang termasuk Gen Z, salah satunya Topokki atau Tteokbokki. Topokki sendiri adalah makanan khas Korea dengan tekstur kenyal yang dibuat dari tepung beras dan dimasak dalam bumbu khas Korea atau gochujang.
Kamu dapat menawarkan topokki dengan resep atau bumbu yang telah disesuaikan dengan lidah Indonesia dan dijual dalam bentuk siap saji maupun dalam kemasan instant.
5. Rice Bowl
Ide bisnis makanan selanjutnya, ada jenis makanan Rice Bowl yang juga digemari oleh Gen Z, berdasarkan riset survei Populix. Ada 27% Gen Z dari Pulau Jawa tanpa Jabodetabek menyukai Rice Bowl, diikuti Gen Z dari Jabodetabek (25%) dan Gen Z dari luar Pulau Jawa (21%).
Dalam memulai bisnis makanan ini ada beberapa hal yang perlu Kamu siapkan mulai dari pemilihan kualitas nasi, menyediakan menu yang beragam, hingga sajian pilihan sambal. Serta, kemasannya yang menarik.
6. Minuman Boba
Milk Tea Boba dan Brown Sugar Boba menjadi minuman favorit Gen Z dari berbagai area lho dengan rata-rata persentase lebih dari 40%. Minuman kekinian yang memiliki banyak penggemar termasuk Gen Z ini bisa Kamu jadikan ide bisnis minumanmu atau menjadikan menu tambahan pada bisnis makanan atau kulinermu.