Hai Sisters!
Rasanya hampir semua pebisnis pasti mengharapkan pelanggan mereka akan selalu balik lagi berbelanja di toko miliknya, bukan? Meskipun begitu, tidak semua hal bisa sesuai keinginan kita. Lalu bagaimana jika ternyata malah banyak pelanggan yang justru pergi dan menghilang tak kembali setelah berbelanja di toko kita?
Umumnya, konsumen akan pergi atau hilang apabila tidak merasa puas atas produk maupun pelayanan sebuah toko atau pelaku usaha. Maka dari itu penting bagi para pelaku usaha untuk bisa mendapatkan hati pelanggan mereka kembali.
Lantas, apa yang bisa kamu lakukan untuk menarik kembali hati pelangganmu agar mau berbelanja lagi di tokomu? Melansir Entrepreneur, ini cara yang perlu kamu lakukan. Check it out!
1. Cari Tahu Apa Alasan Mereka Pergi
Pastinya ada banyak sekali alasan yang mungkin membuat mereka pergi. Bisa jadi karena mungkin pelayanan yang buruk, kualitas produk tidak sesuai yang ditawarkan, harga terlalu mahal, dan lain sebagainya.
Jadi, tanyakan kepada pelanggan alasan mereka pergi dan dengarkan baik-baik jawabannya. Setelah itu, tanyakan apa yang kira-kira bisa membuat pengalaman belanja mereka di tokomu menjadi lebih baik.
2. Kamu Bisa Buat Promosi 'Kami Merindukanmu'
Promosi “Kami Merindukanmu”atau "We Miss You" yang dimaksud di sini adalah memberikan penawaran khusus untuk pelanggan yang pergi, Sisters. Tentu saja, mereka hanya akan tahu penawaran apa yang mungkin diperoleh jika kembali ke tokomu.
Tawaran tersebut bisa kamu umumkan di media sosial. Promosinya bisa berupa diskon, beli 1 gratis 1, atau yang lainnya. Cara ini salah satu yang paling efektif untuk mendapatkan kembali pelanggan, karena merindukan mereka berarti kamu menunjukkan kepedulian.
Promosi ini bisa juga dilakukan dengan teknik lain, semisal mengajak agar pelanggan kembali lagi di lain waktu. Misalnya dengan memberikan potongan harga pada pembelian berikutnya di bulan yang sama.
3. Jangan Menunda-nunda
Jangan menunggu sampai beberapa hari jika ingin pelanggan yang pergi kembali lagi. Karena semakin lama kamu menunda, mereka mungkin akan melupakan brand dan tokomu begitu saja.
Jadi, lakukan sesuatu dengan segera untuk membuat pelangganmu kembali lagi ke tokomu, ya!
4. Buat Program Loyalitas
Caranya bisa dengan memberikan penghargaan berupa diskon pembelian item khusus, gratis ongkir (ongkos kirim), dan sebagainya untuk mereka yang sudah belanja lebih dari sekali.
Dengan memberikan keuntungan semacam ini, pelanggan akan betah dan bakal balik lagi ke tokomu.
Selain 4 cara di atas, jangan lupa untuk selalu menjalin komunikasi yang baik dengan para pelanggan, ya, Sisters. Selamat mencoba dan semoga berhasil menarik kembali pelanggan ke tokomu, ya.