Sisters, promo menjelang Lebaran memang menjadi senjata ampuh untuk meningkatkan omset penjualan. Namun, kamu harus cermat dan bijak saat memberikan promo pada pelanggan. Nah, sebelum memutuskan memberikan promo, kamu perlu melakukan langkah-langkah berikut ini, nih. Apa saja?
Riset Pasar
Ini bertujuan agar memudahkan kamu menentukan rencana bisnis yang tepat. Misalnya strategi pemasaran yang harus dilakukan untuk meningkatkan omset penjualan. Selain itu, kamu juga harus melakukan evaluasi atas kinerja bisnis kamu. Mulai dari laporan keuangan, kinerja produksi, hingga keberhasilan strategi marketing yang telah kamu terapkan.
Menyiapkan Ide Produk Edisi Lebaran
Untuk membuat produk edisi lebaran, kamu bisa menyiapkan produk favorit toko kamu yang dikemas dengan tampilan khas lebaran, atau bisa juga memperkenalkan produk baru spesial lebaran. Hal ini dinilai dapat meningkatkan eksposur produk baru dan pembelian berulang produk favorit bisnismu. Dengan membuat produk edisi Ramadhan dan lebaran, penjualan kamu pasti laris manis!
Menentukan Jenis Promo Lebaran
Kamu perlu menghitung margin keuntungan produkmu. Ada baiknya, kamu juga harus mempelajari kompetitor bisnis kamu misalnya strategi pemasaran dan diskon yang mereka terapkan. Kemudian, kamu bisa menentukan jenis promo mana yang akan kamu terapkan.
Cek Persediaan
Dua bulan sebelum Ramadhan, ada baiknya kamu meninkatkan jumlah produksi untuk dijadikan sebagai persediaan selama bulan Ramadhan.
Promosikan Produk kamu
Kamu harus menyiapkan strategi promosi yang berbeda selama bulan Ramadhan. Pasalnya, menurut data iPrice, selama Ramadhan, masyarakat Indonesia terlihat lebih banyak berbelanja online pada jam kerja. Orang-orang juga aktif berbelanja online dari pukul 10-11 pagi dan 4-5 sore.
Jam 4-5 sore biasanya banyak yang pulang lebih awal karena perubahan jam kerja dan menghabisnkan wakru sebelum berbuka puasa bersama keluarga nanti malam. Kamu bisa memaksimalkan waktu promosi pada jam-jam tersebut untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Misalnya membuat promosi dengan suasana lebaran berupa diskon saat sahur atau membuat game sambil ngabuburit. Hal ini tentunya akan menarik pembeli dan mereka akan semangat berbelanja.
Jangan lupa juga untuk menggunakan hashtag bertema Idul Fitri, seperti; #ootdlebaran #ootdlebaran2023 agar produk kamu lebih mudah ditemukan.
Gunakan E-Commerce dan E-Wallet
Untuk melakukan ini, kamu perlu memaksimalkan penggunaan fitur dalam e-commerce. Misalnya mengikuti flash sale atau live streaming, maka kamu bisa menjangkau lebih banyak calon pembeli dari berbagai segmen.
Penyedia e-wallet juga selalu berinovasi ke arah yang lebih baik untuk mempermudah transaksi bagi penggunanya, mulai dari membayar menggunakan scan QR code hingga layanan paylater dimana kamu tetap bisa melakukan pembelian meski tidak mempunya saldo. Tidak hanya itu, persaingan penyedia e-wallet di Indonesia juga semakin ketat membuat mereka berlomba-lomba untuk melakukan program promo dan cashback. Jadi, pastikan bisnis kamu siap menerima pembayaran melalui e-wallet untuk memudahkan dan mendorong pelanggan berbelanja di toko kamu.
Memberikan Pengalaman Berbelanja yang Mudah dan Menyenangkan
Selama bulan Ramadhan, terkadang pembeli memesan barang saat menjelang hari raya Idul Fitri meskipun pesanan di bulan Ramadhan biasanya cenderung meningkat. Hal ini menyebabkan penjual kewalahan dalam menangani permintaan konsumen yang dapat menyebabkan mereka kehilangan banyak transaksi atau banyak transaksi yang tidak terurus. Kamu tentu tidak ingin pelanggan kamu berbelanja di toko lain hanya karena kamu terlalu lama merespon pesanan pembeli, bukan?
Oleh karena itu, kamu dapat mempercepat sistem checkout di toko online-mu. Salah satunya dengan mengotomatisasi proses transaksi bisnis kamu dengan payment gateway yamg memungkinkan semua transaksi bisnis kamu berjalan dengan aman, cepat, dan otomatis.
Jadi, pelanggan tidak perlu menghubungi penjual hanya untuk menanyakan cara pembayaran atau mengirimkan kwitansi pembayaran. Karena itu, kamu bisa lebih fokus mengemas dan mengelola pesanan. Akhirnya, barang akan dikirm lebih cepat. Tidak hanya membuat pelanggan senang, tetapi kamu juga akan mendapatkan keuntungan lebih cepat.
Menyediakan Berbagai Pilihan Pembayaran untuk Memudahkan Pembeli
Salah satu cara untuk memudahkan pelanggan dalam menyelesaikan pembeliannya selama bulan Ramadhan adalah dengan menawarkan pembayaran kredit atau cicilan agar pelanggan dapat lebih leluas mengatur pengeluaran bulanannya. Selain jalur pembayaran kartu perbankan, saat ini sudah sangat marak jalur pembayaran paylater atau cicilan tanpa kartu kredit.
Meski metode pembayaran paylater dinilai membuat masyarakat semakin konsumtif, namun faktanya pembayaran dengan fasilitas cicilan dapat membantu konsumen dalam mengatur konsumen dalam mengatur arus keuangannya agar selalu siap menghadapi pengeluaran tak terduga!
Untuk menerima berbagai pembayaran langsung di website, kamu bisa menggunakan teknologi payment gateway. Dengan cara ini kamu bisa langsung terhubung dengan bank atau penyedia cicilan tanpa kartu kredit. Sistem payment gateway juga dilengkapi dengan built in fraud detection system sehingga transaksi kamu dijamin lebih aman.
Semakin banyak pelanggan yang memiliki akses untuk membeli produk kamu, semakin banyak penjualan kamu akan meningkat. Namun, kamu tidak boleh sembarangan memilih penyedia layanan payment gateway sebagai mitra bisnismu.
Nah, itulah strategi penerapan promo lebaran yang bisa kamu terapkan di tahun 2023 ini untuk meningkatkan omset penjualan bisnismu, Sisters. Selamat mencoba!