Hai Sisters! Tahukah kamu kalau ada strategi marketing baru yang bisa diterapkan untuk mempertahankan bisnis di era digital?
Strategi tersebut adalah marketing 4C, yaitu kepanjangan dari Co-creation, Currency, Communal Activation, dan Conversation.
Masing-masing strategi bisnis mempunyai cara tersendiri yang dapat memudahkanmu menerapkannya pada bisnis.
Seperti apa? Yuk simak!
1. Co-Creation
Nurdin Hoerrudin menjelaskan bahwa strategi 4C yang pertama adalah co-creation.
Maksudnya, yaitu sebagai pelaku usaha mesti mampu menciptakan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen.
Dan untuk mengetahui keinginan konsumen, kamu perlu melakukan riset di kalangan pasar yang kamu targetkan.
2. Currency
Selain menciptakan produk, kamu juga perlu melihat kondisi konsumen untuk menentukan harga.
Strategi ini disebut Currency, di mana pelaku usaha juga mesti mempertimbangkan kondisi finansial komsumen saat menentukan harga.
Selain itu, penting pula untuk memantau secara rutin kondisi mata uang terkait dengan produk yang diperjualbelikan.
Meski menentukan sendiri harga produk, ingat untuk menetapkan harga yang kompetitif, ya.
3. Communal Activation
Selain menciptakan produk, kamu juga perlu melihat kondisi konsumen untuk menentukan harga.
Strategi ini disebut Currency, di mana pelaku usaha juga mesti mempertimbangkan kondisi finansial komsumen saat menentukan harga.
Selain itu, penting pula untuk memantau secara rutin kondisi mata uang terkait dengan produk yang diperjualbelikan.
Meski menentukan sendiri harga produk, ingat untuk menetapkan harga yang kompetitif, ya.
Untuk strategi ini, kamu sebagai pelaku usaha harus mengikuti perkembangkan zaman di mana berjualan tak harus mempunyai toko.
Kamu perlu beralih ke platform jual beli online agar dapat langsung mulai berjualan tanpa memikirkan lokasi usaha.
Hanya saja, untuk melakukan ini diperlukan pula riset agar produkmu bisa ditemukan calon konsumen.
Di samping itu, pertimbangkan apakah platform tempatmu berjualan nyaman dan mudah saat digunakan pelanggan.
4. Conversation
Terakhir Conversation, di mana pelaku usaha hendaknya melibatkan konsumen dalam memasarkan produk.
Dalam strategi ini, pelaku usaha tidak hanya menjual barang/jasa, tetapi juga menciptakan komunikasi dengan konsumen.
Hal ini dilakukan supaya konsumen mendapatkan pengalaman terbaik dan bisa memberikan kritik dan saran kepada penjual.
Dengan begitu, kualitas produk bisa ditingkatkan dan selalu memenuhi kebutuhan konsumen.
Nah, itulah tadi strategi marketing 4C yang bisa menjadi solusi untuk sukses dalam bisnis di era digital.
Bisa dibilang, banyak strategi pemasaran yang dapat pula diterapkan untuk memperoleh kesuksesan dalam bisnis.
Kamu perlu mempelajari dengan baik dan menerapkan mana yang kiranya paling sesuai dengan kebutuhan bisnismu.
Selamat mencoba dan semoga berhasil ya, Sisters!