Hai Sisters! Garansi merupakan bagian penting dari sebuah produk. Lalu apa saja jenis dan fungsinya bagi bisnis?
Ketika kamu membeli sebuah produk, kamu akan diberi tahu tentang garansi produk tersebut. Sebuah jaminan yang didapatkan oleh konsumen dari produsen.
Saat membeli produk, garansi tersebut yang akan menjamin pelanggan atas setiap kemungkinan yang dialami oleh produk tersebut.
Tentu bagi pembeli, jaminan merupakan hal yang sangat penting. Tidak ada pembeli yang tidak ingin mendapatkan jaminan.
Bagi penjual sendiri, garansi merupakan bukti yang dapat ditunjukan kepada pembeli bahwa mereka serius dalam memberikan pelayanan.
Oleh karena itu, di setiap perusahaan yang memiliki produk, mereka pasti menentukan standar dan aturan cara membuat garansi sebagai penjual.
Semakin baik garansi yang diberikan oleh perusahaan, semakin tinggi kepercayaan konsumen itu sendiri. Nilai dan fungsinya dapat mempengaruhi kepercayaan konsumen secara langsung.
Berikut ini terdapat beberapa fungsi dari garansi yang diberikan oleh perusahaan kepada konsumen itu sendiri, yaitu:
Fungsi pertama yaitu untuk membuat pelanggan lebih percaya. Dengan adanya jaminan, kualitas produk yang dibeli oleh konsumen dapat terjaga serta akan mempengaruhi harga jual serta minat terhadap produk tersebut.
Faktor penting untuk memperkuat loyalitas terletak pada garansi. Garansi bisa dibuat berbeda, baik dari segi harga atau dari periode itu sendiri.
Tujuan utamanya tetap untuk mendapatkan kepercayaan konsumen.
Masyarakat yang dalam hal ini adalah konsumen, akan memiliki pandangan yang berbeda jika sebuah produk memiliki jaminan. Konsumen tentu ingin jaminan sehingga membeli produk yang bergaransi.
Jaminan memberikan sebuah perlindungan kepada konsumen. Konsumen mendapatkan hak untuk mendapatkan pergantian atau perbaikan jika produk memiliki sebuah masalah.
Jika produk terdapat keluhan, jaminan tersebut bisa memberikan konsumen sebuah perlindungan terhadap keluhan dari produk tersebut.
Dengan penanganan seperti ini, maka pelanggan bisa mendapatkan jaminan perlindungan dari produsen dan tidak akan khawatir saat membeli sebuah produk apapun itu.
Hal tersebut disebabkan adanya jaminan yang diberikan.
Ini juga berkaitan dengan pembahasan sebelumnya, bahwa konsumen akan berubah pandangan terhadap sebuah produk yang memiliki jaminan.
Nilai kepercayaan akan semakin meningkat dan ikatan akan semakin kuat antara konsumen dan produsen.
Jaminan sebuah produk yang didapatkan oleh konsumen juga bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi bagi perusahaan.
Karena saat memberikan jaminan, maka artinya, perusahaan sedang berusaha memberikan produk yang berkualitas.
Maka jika ada produk yang kurang dari kualitas yang ditetapkan oleh perusahaan karena ada keluhan dari konsumen, keluhan tersebut bisa dijadikan sebagia bahan evaluasi bagi perusahaan.
Perusahaan akan menerima keluhan dan dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk evaluasi produk dan membuat produk menjadi lebih baik lagi.
Perusahaan juga akan dituntut untuk membuat beberapa alternatif sebagai antisipasi dari keluhan konsumen dan memberikan penanganan yang sesuai.
Evaluasi yang direncanakan oleh perusahaan dapat memperbaiki dan meminimalisir kesalahan yang mungkin ditimbulkan ke depannya.
Maka perusahaan akan lebih baik lagi dan lebih termotivasi untuk memberikan produk yang konsisten.
Jaminan yang diberikan kepada konsumen juga bisa dijadikan sebagai landasan untuk menetapkan standar produk.
Dengan adanya jaminan, produsen bisa menetapkan standar yang jelas yang akan menunjukan apa saja yang konsumen dapatkan.
Ketika konsumen mencari produk, konsumen akan mencari apa yang mereka butuhkan dan inginkan. Kebutuhan dan keinginan konsumen tersebut harus memiliki standar yang jelas.
Dari standar yang jelas tersebut, dapat membantu konsumen untuk mengambil keputusan untuk membeli produk.
Di era digital yang serba online saat ini, garansi menjadi bahan pertimbangan konsumen untuk memberi produk.
Semakin baik kualitas jaminan yang diberikan, maka akan membuat konsumen semakin yakin untuk membeli produk tersebut.
Maka dari itu, bukan hanya kualitas produk yang diperhatikan, juga kualitas garansi yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen itu sendiri, Sisters.