Hai Sisters! Di zaman sekarang ini, tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu strategi pemasaran terbaik adalah melalui online.
Jika bisnismu saat ini belum memiliki strategi online, maka kamu harus sesegera mungkin melakukannya. Melalui strategi pemasaran jenis ini, kamu akan membuat target pasar dari bisnismu menjadi lebih luas.
Influencer adalah salah satu ujung tombak dari promosi Anda untuk meraih kesuksesan bisnis. Influencer ini mengacu kepada orang yang populer dan memiliki banyak followers di sosial media, khususnya Instagram.
Akan tetapi bukan berarti bahwa semua akun Instagram yang memiliki banyak followers dapat menjadi seorang influencer yang sangat potensial untuk promosi usahamu.
Membahas lebih jauh mengenai hal itu, berikut hal-hal yang harus kamu perhatikan sebelum menggunakan jasa endorsement dari seorang influencer. Simak, ya!
1. Teliti Keaslian Followers
Saat kamu memilih influencer, Anda harus memperhatikan keaslian dari followers. Banyak sekali akun palsu yang mungkin akan ditemukan dilapangan. Hal ini tentunya akan membuat promosimu tidak berhasil, karena followers yang ada bersifat tidak asli dan tidak aktif.
Untuk melihat keasliannya, hal pertama yang Anda dapat lakukan adalah melihat ke nama akun. Akun palsu biasanya cenderung menggunakan angka di belakang nama. Contohnya: @ABC899
Selain itu, kamu dapat mengambil beberapa sampel untuk lebih memastikannya. Anggaplah kamu mengambil 20 sampel. Kamu dapat masuk dan melihat ke dalam masing-masing akun, dan meneliti posting yang ada.
Akun palsu biasanya akan jarang melakukan posting, atau bahkan tidak ada sama sekali. Selanjutnya, kamu dapat memperhatikan komentar yang ada di akun dari influencer yang akan kamu pilih.
Jika ia memiliki likes banyak, namun hanya sedikit komentar maka cenderung followersnya akan bersifat tidak asli.
2. Sesuaikan dengan Target Pasarmu
Selain melihat keaslian dari followers, salah satu hal yang wajib dilakukan adalah menyesuaikan influencer dengan target pasar yang kamu tuju.
Pastikan followers yang dimiliki oleh influencer yang kamu pilih sama dengan target pasar yang diinginkan, karena jika tidak semua usaha Anda tetap akan menjadi sia-sia.
Contohnya: jika kamu memiliki bisnis yang menjual pakaian Anak, maka kamu dapat memiih influencer para ibu-ibu pula.
Atau kamu juga dapat memilih influencer dari kaum bapak yang memang terkenal. Dalam hal ini, pastikan kamu melihat dengan teliti mayoritas followers yang dimiliki.
3. Followers = Fans / Haters?
Tidak bisa dihindarkan lagi bahwa semakin terkenal seseorang, akan semakin banyak orang yang juga tidak suka dengannya. Akan tetapi, banyak orang yang memang tidak suka kemudian menjadi pengikut untuk melihat setiap perilaku yang dilakukan oleh influencer tersebut.
Nah, dalam hal ini kamu perlu hati-hati karena bila kebanyakan followers yang dimiliki merupakan haters, hal itu dapat membawa dampak buruk bagi bisnismu, Sisters. Para haters mungkin akan turut membenci produk atau jasa yang ditawarkan bisnismu.
Untuk mengatasi hal ini, silahkan amati komentar yang ada. Apabila komentar yang ada kebanyakan bersifat negatif maka itu berarti lebih banyak haters yang ada di akun tersebut.
4. Perhatikan Kualitas Konten yang Ditampilkan
Pastikan bahwa konten yang akan di post memiliki kualitas yang baik dan menarik dari segi pemasaran. Hindari untuk asal berpromosi tanpa mempersiapkan gambar dan caption yang menarik.
Biasanya, ada beberapa influencer yang akan meminta konten yang Anda inginkan, atau beberapa ada yang memberikan kreatifitasnya sendiri saat mengupload. Hal ini biasanya tergantung perjanjian Anda saat awal.
5. Harga Sesuai Budget
Semakin terkenal seorang influencer, biasanya akan semakin mahal tarif yang akan dikenakan untuk melakukan promosi melalui akunnya.
Tarif yang dikenakan oleh masing-masing influencer juga beragam, mulai dari Rp 100ribu hingga jutaan rupiah. Jadi, pastikan untuk menyesuaikan tarifnya dengan budget promosi yang kamu miliki.
6. Memiliki Banyak Platform
Saat ini, kebanyakan influencer melakukan promosi hanya melalui akun Instagram. Akan tetapi, jika kamu ingin hasil yang lebih maksimal, kamu dapat memilih influencer yang memiliki lebih dari satu platform, seperti blog atau platform lainnya. Hasil yang didapatkan pasti akan menjadi lebih maksimal tentunya, Sisters.
Nah, di atas adalah tips-tips memilih influencer yang tepat guna mendapatkan hasil yang maksimal. Tentunya, harga dan hasil biasanya akan berjalan sesuai. Jangan lelah untuk lebih teliti memilih jika kamu memutuskan menggunakan jasa mereka, ya!