Hai Sisters! Kita pasti setuju kalau berbisnis online gak semudah kelihatannya. Kadang pas jualannya lagi lesu, semangat buat memasarkan produk jadi pergi entah ke mana. Apalagi bagi para newbie, mengetahui cara membuat online shop jadi lebih menarik dan konsisten rasanya jadi challenging banget, bukan?
Nah, meski jualannya lagi lesu, jangan patah semangat lama-lama, ya. Ayo coba tips jitu ini agar produkmu kembali menarik perhatian, Sisters!
Media sosial terus berkembang, termasuk tren pada masing-masing platform seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan YouTube. Potensi keempat media sosial itu jika dikelola dengan maksimal pasti akan membuat calon pelanggan tertarik dan mau melihat online shop kita secara lebih detail. So, membuat konten pada media sosial tersebut dengan kreatif dan up to date akan membantu membangun kepercayaan untuk audiens.
Sisters, karena akun online shop kita bisa dikunjungi 24 jam oleh calon pelanggan, maka pemilihan waktu upload feed juga bisa jadi strategi jitu buat menjaring minat konsumen. Pilih waktu-waktu yang sekiranya merupakaan saat konsumen luang dan membuka medsos. Bisa menjelang istirahat makan siang, atau sore hari jika target pemasaran kamu adalah pegawai kantoran. Oh ya, kamu juga perlu gercep saat merespon kiriman DM atau komentar dari konsumen, agar mereka gak terlalu lama menunggu balasan.
Pentingnya target segmentation tuh, di sini. Setiap produk yang kamu jual pasti diperuntukan bagi usia, karakter, atau bahkan level masyarakat tertentu. Oleh karena itu, penentuan persona buyer dapat membantu kita memahami target audiens dengan lebih mendalam.
Sebagai newbie yang sedang merintis bisnis, menekan anggaran adalah hal yang diutamakan. Agar modal bisa digunakan untuk keperluan yang lebih luas, maka salah satu komponen bisa dipangkas adalah dari segi promosi. Kini ada banyak cara promosi gratis di internet. Misalnya via Insta Story, blast email, dan lain-lain
Sisters, pernah melihat kolaborasi bisnis yang berseliweran dilaman Instagram? Nah, kamu juga bisa meningkatkan penjualan serta lebih populer dengan cara seperi itu, lho. Pilihlah akun online shop yang bisa berkolaborasi dengan produkmu atau target market yang sesuai dengan SOP online shopmu, kemudian komunikasi dan tentukan sistem kerja sama.
Cara lainnya adalah dengan mengadakan giveaway dan menawarkan diskon. Sama-sama menguntungkan, sama-sama senang!
Yang tidak boleh dilupakan juga dalam mengelola online shop adalah memperlakukan calon pelanggan dengan sebaik-baiknya. Karena tidak bertatap muka, maka kepercayaan adalah kunci kesuksesan sebuah bisnis. Tetap semangat ya, Sisters!